Contoh Surat Dinas Sekolah Yang Baik, Benar dan Resmi

Untuk para ibu dan bapak guru yang sedang mencari contoh surat dinas sekolah tingkat SMP sampai dengan SMA dengan tata penulisan yang resmi maka anda bisa temukan dalam ulasan kali ini. Surat dinas resmi sekolah merupakan sebuah surat yang memberikan wewenang penuh kepada seorang guru untuk melakukan sebuah rangkain tugas resmi yang mewakili sekolah dimana dia mengajar biasanya keluar kota berupa penataran dalam bidang keilmuan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan belajar mengajar di sekolah yang bersangkutan.

Tentu saja anda bisa dengan mudah membuat sendiri dengan beberapa kriteria yang harus ada dibawah ini. surat dinas sendiri merupakan surat resmi yang memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai sarana pemberitahuan, bisa juga karena panduan kerja, permintaan, buah pikiran, atau gagasan, fungsi lainnya adalah sebagai dokumen bukti tertulis, sebagai bukti sejarah perkembangan instansi, sebagai pedoman kerja dalam bentuk surat instruksi, dan bisa juga sebagai alat pengingat atau arsip. Ada banyak sekali contoh surat dinas sekolah yang baik dan resmi yang bisa anda lihat di internet, namun tidak semua surat tersebut memiliki penjelasan detail yang anda butuhkan.

Point Yang Harus Ada Pada Contoh Surat Dinas Sekolah Yang Baik, Benar dan Resmi

Surat dinas biasa digunakan ketika seseorang mendapatkan tugas atau instruksi, sering digunakan di instansi atau lembaga seperti sekolah. Surat ini dikeluarkan jika memang diharuskan dan berhubungan dengan aktifitas didalam lembaga sekolah. Isi dari surat dinas sekolah bermcam-macam, harus ditulis dengan benar. Berikut ini adalah beberapa hal atau point yang wajib ada didalam contoh surat dinas sekolah yang baik, benar dan resmi :

  1. Kop surat
    Didalam surat dinas sekolah didalamnya harus tercantum kop surat, kop surat berada dibagian paling atas. Didalam kop surat terdiri dari nama lembaga sekolah, alamat lembaga sekolah komplit, kontak yang bisa dihubungi, bisa berupa nomor telephone, fak, email, dan web, kode pos, selain itu di kop juga harus tercantum logo atau lambang dari sekolah
  2. Bahasa resmi
    Bahasa yang digunakan dalam surat dinas sekolah adalah bahasa resmi Indoensia yang baku, yang sopan dan pastinya formal. Sehingga dilarang keras untuk anda yang ingin menggunakan bahasa santai.
  3. Nomor pembuatan
    Didalam surat tugas juga harus ada yang namanya nomor surat, anda harus menulis sesuai dengan nomor surat keluar. Cara penulisan nomor juga tidak sembarang, biasanya ada nomor urut surat yang keluar garis miring kode jabatan untuk menteri, garis miring kode unit kerja, garis miring kode perihal surat, garis miring bulan dengan menggunakan romawi, dan garis miring tahun pembuatan surat
  4. Tempat dan tanggal surat
    Untuk lokasi tempat dan tanggal biasanya berada di pojok kanan atas dan sejajar dengan nomor surat, dan untuk penulisan nama tempat dan tanggal dipisah dengan menggunakan koma.
  5. Menggunakan salam
    Didalam surat dinas sekolah biasanya juga ada yang menggunakan salam, baik salam pembuka maupun salam penutup.
  6. Isi surat
    Untuk isi surat biasanya terletak di tengah, kalimat yang digunakan ringkas dan jelas keperluannya.
  7. Stempel
    Keberadaan tanda tangan kepala sekolah didalamnya juga sangat penting, dan jangan lupa untuk diberi stempel sekolah.

Bagian-Bagian Penting Didalam Contoh Surat Dinas Sekolah Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Dinas Sekolah Yang Baik

Contoh Surat Dinas Sekolah Yang Baik

Contoh Surat Dinas Sekolah

Contoh Surat Dinas Sekolah

Bagian-bagian dari surat dinas sekolah antara lain adalah kop paling atas, kemudian nomor surat, selanjutnya perihal dan isi yang jelas didalamnya, paling bawah adalah tanda tangan dari kepala sekolah beserta stempelnya. Bagian-bagian didalam surat dinas diatas sangat penting, karena bagian diatas harus ada didalam surat dinas sekolah. Acuan diatas bisa dijadikan sebagai contoh surat dinas sekolah yang baik dan benar. Anda bisa membuat surat dinas dengan melihat beberapa bagian diatas. pastikan juga bahasa yang digunakan sesuai dengan EYD yang berlaku

Contoh Surat Dinas Resmi

SMA Negeri 2 Kebumen
Jl. Gatot Subroto No. 123 kebumen
No. Telp. (021) 76869708

              =================================================================
Kebumen, 29 Maret 2018

No            : 0012/SMAN 2 Kebumen/03/2018
Lampiran  : –
Perihal      : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMA Negeri 2 Kebumen

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 2 Kebumen khususnya kelas XIII. Maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik kelas IPS di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 29 Maret 2018
Pukul            : 08.00 s.d. 13.00 WIB
Tempat         : Kebumen
Acara           : Penelitian Struktur Sosial Masyarakat

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                                                Kepala Sekolah

                                                                                                                                                       Bagito Sumangko, SPd.

Ok sahabat di rumah sampai disini dulu ulasan yang bisa kami infokan mengenai beberapa contoh surat dinas sekolah yang bisa anda jadikan contoh dan tinggal mengganti nama sekolah, tanggal dan jenis kegiatan saja semoga bisa membantu sahabat guru di manapun berada.

/* */