Contoh Surat Perjanjian Hutang Dengan Jaminan Yang Baik Dan Benar

Kali ini kami mencoba bagikan kepada anda yang memiliki niat berhutang kepada siapa saja dengan catatan melakukan sebuah kesepakatan diatas matrai maka salah satunya adalah anda harus membuat sebuah surat perjanjian utang piutang kepada orang tempat anda berhutang atau memperhutangkan. Disini, tentu saja maksudnya adalah sangat baik dimana ada sebuah kesepakatan kapan akan dikembalikan, dalam rentan waktu berapa lama harus lunas, dan jika tidak lunas apa jaminanya dsb.

Apakah anda memiliki hutang piutang? Maka berikut ini adalah contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan yang baik dan benar. Tidak semua orang bisa hidup sukses sesuai yang diimpikan, salah satu masalah besar dalam kehidupan adalah kesulitan dalam memenuhi kebutuhan. Uang menjadi kendala yang besar bagi masyarakat menengah kebawah. Bahkan banyak yang tidak punya uang saat kebutuhan besar datang, maka mau tidak ma harus hutang atau meminjam uang.

Untuk mendapatkan pinjaman uang juga tidak mudah, banyak orang akan berhati-hati dalam meminjamkan uang. Namun berhutang juga bisa dilakukan dibeberapa tempat peminjaman. Untuk mendapatkan hutang maka harus menulis surat perjanjian hutan dengan menggunakan jaminan. Ada banyak contoh surat tentang perjanjian hutang dengan jaminan yang baik dan benar yang bisa anda lihat, anda bisa melihat hal apa saja yang tertulis didalam surat tersebut, dengan begitu anda bisa menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Untuk melihat contoh surat perjanjian hutang bisa langsung melihat di internet.

Langkah Membuat Contoh Surat Perjanjian Hutang Dengan Jaminan Yang Baik dan Benar

Proses pinjam meminjam piutang bukan lagi hal yang tabu, ada yang meminjam karena memang kebutuhan dan ada juga yang meminjam karena ingin membuka bisnis. Salah satu pinjaman besar yang bisa anda dapatkan adalah dengan menggunakan jaminan, jika anda memiliki jaminan dengan nilai yang besar maka anda akan mendapatkan uang piutang dengan jumlah yang besar pula.

Contoh Surat Perjanjian Hutang

Contoh Surat Perjanjian Hutang

Namun agar tidak ada hal yang terjadi dikemudian hari, yang bisa membuat rugi atau pihak lain rugi maka anda sebaiknya menggunakan surat perjanjian piutang. Ada banyak contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan yang baik dan benar. Dengan menggunakan surat ini maka ada banyak manfaat yang akan didapat, antara lain adalah untuk membuat tenang pihak-pihak yang terlibat didalam hutang pitang ini, dengan adanya surat perjanjian maka bisa diselesaikan dengan mudah jika ada masalah dikemudian hari, surat ini juga digunakan agar segala sesuatu yang ada didalamnya sah menurut hukum, selain itu untuk mencegah timbulnya masalah dikemudian hari. didalam hutang piutang terdapat dua jenis surat perjanjian, pertama dengan jaminan dan yang kedua adalah tanpa jaminan.

Untuk membuat surat perjanjian utang dengan jaminan maka berikut ini hal-hal yang ada didalamnya :

  1. Point pertama
    Pada point pertama anda harus menuliskan nama, no. KTO, alamat dan menyatakan bahwa anda meminjam dengan nominal yang disebutkan, selain itu ada juga jangka waktu yang harus anda lunasi.
  2. Sanksi
    Kemudian didalamnya juga tertulis bahwa jika tidak mampu untuk melunasi hingga jatuh tempo maka akan dikenaka denda, denda ini bisa berupa penambahan bunga atau bisa juga jaminan diambil.
  3. Bermaterai
    Surat perjanjian ini harus dibuat dua rangkap, dan masing-masing rangkao diberi stempel atau materai. Dan surat tersebut sudah memiliki kekuatan hukum. Kedua belah pihak juga harus menandatangani dengan sadar tanpa adanya tekanan.

Tips Lainnya Surat Perjanjian Hutang Dengan Jaminan

Anda juga bisa menambahkan atau menyebutkan barang yang menjadi jaminan, misal saja motor, maka anda harus menyebutkan dengan detail jaminan motor tersebut. Bisa berupa motor dengan atas nama siapa, merk motor, no. rangka, warna, cc motor, tahun, no. polisi, no mesin, dan info lainnya. Contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan yang baik dan benar diatas bisa dijadikan sebagai acuan

/* */