MENGANALISIS SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

MENGANALISIS SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

Identitas

  1. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  2. Semester : Genap
  3. Kompetensi Dasar :

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi

4.7 Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi), tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan melakukan uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan serta mengaitkannya dengan kebutuhan energi bagi setiap individu dan teknologi terkait sistem pencernaan (teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan) melalui berbagai bentuk media informasi

  1. Materi Pokok : Sistem Pencernaan
  2. Alokasi Waktu : 6 JP
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system pencernaan dalam kaitanya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada system pencernaan manusia serta menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

  1. Materi Pembelajaran
    • Lihat dan baca pada Buku Teks Pelajaran (BTP):

Ferdiand Fictor dkk. 2009. Biologi untuk SMA/MA XI. Jakarta : Visindo Media Persada( BSE ), hal 100 -117.

  1. Peta Konsep

E:\Semester 8\diagram-alur sistem pencernaan.jpg

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian mengamati gambar dan membaca uraian berikut!

Saluran pencernaan makanan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar dan mempersiapkannya untuk diserap oleh tubuh dengan jalan proses pencernaan (penguyahan, penelanan, dan pencampuran) dengan enzim zat cair yang terbentang mulai dari mulut sampai anus. Saluran pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ berturut-turut dimulai dari mulut (cavum oris), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus (intestinum), usus besar (colon), dan anus. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada gambar berikut ini.

https://wandylee.files.wordpress.com/2012/03/cerna.gif?w=630

Setelah Anda mengamati gambar-gambar di atas , cobalah buat minimal 5 pertanyaan yang sesuai gambar yang disajikan.

        1. ………………………………………………………………………………………………………….
        2. …………………………………………………………………………………………………………..
        3. …………………………………………………………………………………………………………..
        4. ……………………………………………………………………………………………………………
        5. ……………………………………………………………………………………………………………….

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

 

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

PENGANTAR

Pencernaan makanan adalah pross pengolahan makanan menjadi zat-zat makanan yang dapat diserap oleh darah, dan sisa-sisa makanannya dibuang keluar dari tubuh. Sistem pencernaan pada manusia meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernan. Saluran pencernaan terdiri atas mulut, faring, kerongkongan, lambug, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Sedangkan kelenjar pencernaan terdapat pada kelenjar ludah, lambung, pankreas, dan hati.

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Makanan mengalami proses pencernaan sejak makanan berada di dalam mulut hingga proses pengeluaran sisa-sisa makanan hasil pencernaan. Adapun istilah dalam proses pencernaan makanan meliputi hal-hal berikut.

  • Absorbsi
  • Defekasi
  • Deglutisi
  • Digesti
  • Ingesti
  • Masrikasi

Urutkanlah proses tersebut dari mulut hingga anus, kemudian jelaskan proses dan organ pencernaan yang terlibat di dalamnya dalam tabel jawaban !

Jawaban:

No Nama Proses Penjelasan Organ yang terlibat

2. Bergeraknya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan disebabkan karena gerakan peristaltik. Jelaskan struktur jaringan penyusun kerongkongan dan mekanismenya sehingga menyebabkan gerakan peristaltik tersebut!

_____________________

3. Apa jenis jaringan otot penyusun lambung? Bagaimana mekanisme kerja lambung dihubungkan dengan cara kerja jaringan otot penyusun lambung?

__________________

4. Usus merupakan salah satu organ penyusun sistem pencernaan yang tersusun atas berbagai jaringan, misalnya jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Keempat jaringan tersebut membentuk satu kesatuan yang mempunyai fungsi sama yaitu mencerna makanan. Analisislah struktur jaringan dari masing-masing jaringan dan hubungkanlah dengan fungsinya masing-masing pada usus!

Jawaban :

___________________

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah kalian pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila kalian telah mampu mengidentifikasi kandungan zat makanan dengan baik, maka kalian bisa melanjutkan pada kegiatan belajar 2 berikut.

Kegiatan Belajar 2

Setelah anda belajar kandungan zat makanan pada kegiatan belajar 1, Bacalah uraian singkat materi dan amati bagan berikut berikut dengan penuh konsentrasi !

PENGANTAR

Tubuh sehat merupakan keinginan setiap orang. Hal ini karena dapat mendukung kelancaran aktivitas kita. Namun, orang-orang di sekitar kita banyak yang merasa tubuhnya tidak ideal, seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk. Gemuk dan kurus sangat dipengaruhi oleh pola makan. Menurut ahli gizi, pola makan seseorang dapat ber pengaruh terhadap kesehatan. Tahukah Anda bagaimana pola makan yang sehat itu? Bagaimana pola makan dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan kita?

Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan alat pencernaan kita. Misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dapat berpengaruh terhadap asam lambung, demikian juga dengan mengonsumsi makanan berserat dapat mempermudah buang air besar.

Perhatikan fenomena berikut ini!

http://sariawan.org/wp-content/uploads/2012/07/sariawan-2.jpg

Diandra merasakan ada sesuatu yang mengganjal di bibirnya, seperti luka yang berwarna putih, dan sangat perih jika ia sedang makan. Menurutnya ia sedang sariawan. Dianda merasa timbulnya sariawan di bibir tentu dapat mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, menurunnya kemampuan merasakan, hingga kemungkinan menyebabkan rasa sakit atau perih pada mulut.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

  1. Pernahkah kalian mengalami sariawan seperti Diandra? Jika pernah, apakah yang menyebabkan penyakit sariawan?
  2. Apa yang kalian lakukan untuk pencegahan sariawan?
  3. Penyakit sariawan dapat dihubungkan dengan penyakit lainnya termasuk penyakit kanker mulut. Analisislah apakah pernyataan tersebut benar! Hubungkan dengan gejala pada penyakit sariawan dan penyakit kanker mulut.
  4. Tuliskanlah gangguan pencernaan lain yang berada di mulut! Jelaskan pula penyebab dan pencegahannya!

Ayo Berlatih!

Perhatikan fenomena berikut ini!

Hasil gambar untuk STOMACH ULCER

Pak Radi seorang pekerja kantoran yang sangat rajin. Setiap hari ia bekerja keras mengerjakan tugas tugas dari atasannya hingga lupa makan. Sudah menjadi kebiasaan buruk bahwa Pak Radi jarang makan dengan teratur. Suatu ketika, pak radi merasakan sakit perut, perut terasa nyeri saat ditekan, nyeri dan muntah serta pusing. Berdasarkan pendapat orang-orang disekitarnya, Pak Radi terserang penyakit maag.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

  1. Pernahkah kalian mengalami gejala yang sama seperti Pak Radi? Jika pernah, apakah kalian juga terserang penyakit maag? Apa yang menyebabkan penyakit maag?
  2. Hal apa yang kalian sarankan pada teman kalian sebagai pencegahan penyakit maag?
  3. Penyakit maag sering dihubungkan dengan penyakit lainnya termasuk penyakit gastritis. Analisislah apakah pernyataan tersebut benar! Hubungkan dengan gejala pada penyakit maag dan penyakit gastriti
  4. Tuliskanlah gangguan pencernaan lain yang berada di lambung! Jelaskan pula penyebab dan pencegahannya!

Ayo Berlatih!

Perhatikan fenomena berikut ini!

Dian memiliki adik berusia satu tahun yang merarasa sakit ketika buang air besar sehingga ia terus menerus menangis. Pada keesokan harinya, saat buang air besar ditemukan darah merah terang yang keluar dari anus. Setelah diperiksakan pada dokter, ternyata adik Dian mengalami fisura anus yaitu terjadi robekan kecil pada jaringan tipis dan lembab (mukosa) yang melapisi anus..

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

  1. Apa yang menyebabkan fisura anus?
  2. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah fisura anus?
  3. Berdasarkan fenomena sebelumnya, bisa terjadi fisura anus terjadi pada bayi. Analisislah, apakah fisura anus juga dapat terjadi pada orang dewasa? Jika bisa, bagaimana perbandingan fisura anus pada bayi dan pada orang dewasa?
  4. Tuliskanlah gangguan pencernaan lain yang berada di anus! Jelaskan pula penyebab dan pencegahannya!
  5. Lengkapilah tabel berikut ini pada saat kelompokmu berkunjung pada kelompok lainnya!
No Nama Kelompok yang dikunjungi Fenomena utama yang dibahas (gejala, penyebab, pencegahan) Penyakit lain yang bisa muncul pada organ tersebut

Kegiatan Belajar 3

MENENTUKAN KANDUNGAN GIZI BAHAN MAKANAN

Tujuan:

Setelah melaksanakan praktikum, diharapkan peserta didik dapat

Menampilkan perilaku jujur saat bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menampilkan perilaku disiplin dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menampilkan perilaku peduli saat bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menampilkan perilaku responsif saat bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menganalisis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh
Melaksanakan percobaan mengenai uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu
Mempresentasikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu

Pengantar

Makanan adalah sesuatu yang dapat dimakan dan berguna bagi tubuh. Bahan makanan akan berguna bagi tubuh jika mengandung gizi atau zat-zat makanan. Kandungan gizi atau zat yang terkadung dalam bahan makanan dapat kita ketahui melalui pengujian laboratorium. Berikut di bawah ini akan dilakukan uji kandungan karbohidrat (glukosa, amilum), protein, dan lemak pada berbagai jenis bahan makanan.

Alat dan Bahan

Selama praktikum, menggunakan alat dan bahan sebagai berikut.

Alat Bahan
1. beker glass

2. tabung reaksi

3. rak tabung reaksi

4. penjepit tabung reaksi

5. pembakar spirtus dan korek

6. penumbuk porselen dan mortir

7. pipet

8. plat tetes

 

1. reagent benedict

2. reagent lugol

3. reagen biuret

4. kertas HVS buram

5. roti

6. telur

7. kemiri

8. margarin

9. pisang

10. tempe

11. sari jeruk

12. susu

  1. Langkah Kerja

1. Uji glukosa

      1. Siapkan bahan makanan yang akan diuji
      2. Siapkan tabung reaksi sebanyak bahan makanan yang akan diuji
      3. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 5 tetes ekstrak bahan yang akan diuji
      4. Tetesi masing-masing tabung dengan 3 tetes larutan Benedict
      5. Panaskan masing-masing tabung di atas pembakar bunsen
      6. Amati perubahan warnanya
      7. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

2. Uji Amilum

      1. Siapkan bahan makanan yang akan diuji
      2. Siapkan tabung reaksi sebanyak bahan makanan yang akan diuji
      3. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 5 tetes ekstrak bahan yang akan diuji
      4. Tetesi masing-masing tabung dengan 3 tetes larutan Lugol
      5. Amati perubahan warnanya
      6. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

3. Uji protein

      1. Siapkan bahan makanan yang akan diuji
      2. Siapkan tabung reaksi sebanyak bahan makanan yang akan diuji
      3. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 5 tetes ekstrak bahan yang akan diuji
      4. Tetesi masing-masing tabung dengan 3 tetes larutan Biuret
      5. Amati perubahan warnanya
      6. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

4. Uji lemak

      1. Siapkan kertas HVS
      2. Pada kertas HVS buat kotak bujur sangkar ( 2 cm x 2 cm ) sebanyak bahan yang akan diuji
      3. Pada masing-masing kotak bujur sangkar oleskan bahan makanan yang akan diuji
      4. Keringkan kertas HVS
      5. Hadapkan kertas ke arah cahaya, kemudian amati
      6. Bahan makanan yang mengandung lemak akan meninggalkan berkas bening atau transparan
      7. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKUM

MATA PELAJARAN BIOLOGI

MENENTUKAN KANDUNGAN GIZI BAHAN MAKANAN

Judul:

Rumusan Masalah:

Hipotesis:

Alat dan Bahan:

Langkah Kerja:

1. Uji glukosa

2. Uji Amilum

3. Uji protein

4. Uji lemak

Hasil Pengamatan:

No Jenis Makanan Perubahan Warna Noda di Kertas Hasil Uji Makanan
Benedict Lugol Protein Glukosa Amilum Protein Lemak
1
2
3
4
5
6
7
8

Keterangan :

Kolom Perubahan Warna diisi dengan warna yang nampak

Kolom Hasil Uji diisi dengan tanda jika menunjukan adanya perubahan warna / penampakan

Diskusi:

1. Apa fungsi larutan Benedict, Lugol, dan Biuret pada percobaan di atas ?

Nama Larutan Fungsi
larutan Benedict
larutan Lugol
larutan Biuret

2. Sebutkan warna-warna yang terjadi dari reagennya bila kita menguji ;

        1. Glukosa =
        2. Amilum =
        3. Protein =

3. Nutrisi apakah yang diperlukan oleh tubuh dan apa fungsinya??

Nama nutrisi Fungsi

4. Berikut disajikan bagan metabolisme nutrisi dalam tubuh manusia. Analisislah bagan tersebut sehingga menunjukkan hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi!

a. Metabolisme karbohidrat

Hasil analisis:

b. Metabolisme lemak

Hasil analisis

c. Metabolisme protein

Hasil analisis

Kesimpulan:

Daftar Rujukan:

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi system pencernaan, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.

Sukses untuk kalian!!!