MENGANALISIS SISTEM PENCERNAAN UKBM BIO

Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia ? Hewan ruminansia merupakan hewan memamah biak pemakan tumbuhan (herbivora). Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kambing, kerbau. Sistem pencernaan hewan ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan makanan pada hewan lainnya.

Identitas

  1. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  2. Semester : Genap
  3. Kompetensi Dasar :

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi

4.7 Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi), tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan melakukan uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan serta mengaitkannya dengan kebutuhan energi bagi setiap individu dan teknologi terkait sistem pencernaan (teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan) melalui berbagai bentuk media informasi

  1. Materi Pokok : Sistem Pencernaan
  2. Alokasi Waktu : 6 JP
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system pencernaan dalam kaitanya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada system pencernaan manusia serta menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

  1. Materi Pembelajaran
    • Lihat dan baca pada Buku Teks Pelajaran (BTP):

Ferdiand Fictor dkk. 2009. Biologi untuk SMA/MA XI. Jakarta : Visindo Media Persada( BSE ), hal 100 -117.

  1. Peta Konsep
  2. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian mengamati gambar dan membaca uraian berikut!

http://4.bp.blogspot.com/-MfauZCXrjT8/VN72KI4th1I/AAAAAAAAAoM/5SPtXYTruvE/s1600/ruminansia.jpg

Setelah Anda mengamati gambar-gambar di atas , cobalah buat minimal 5 pertanyaan yang sesuai gambar yang disajikan.

1.

        1. ………
        2. ………………
        3. ………………
        4. ………
        5. ……………

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

PENGANTAR

Pencernaan makanan adalah pross pengolahan makanan menjadi zat-zat makanan yang dapat diserap oleh darah, dan sisa-sisa makanannya dibuang keluar dari tubuh. Sistem pencernaan pada manusia meliputi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

        1. Bagaimana sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia ? Hewan ruminansia merupakan hewan memamah biak pemakan tumbuhan (herbivora). Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kambing, kerbau. Sistem pencernaan hewan ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan makanan pada hewan lainnya.
        2. Urutkanlah proses tersebut dari mulut hingga anus, kemudian jelaskan proses dan organ pencernaan ruminansia yang terlibat di dalamnya dalam tabel jawaban !

Jawaban:

No Nama Proses Penjelasan Organ yang terlibat

2. Bergeraknya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan disebabkan karena gerakan peristaltik. Jelaskan struktur jaringan penyusun kerongkongan dan mekanismenya sehingga menyebabkan gerakan peristaltik tersebut!

_________________________________

3. Apa jenis jaringan otot penyusun lambung ruminansia? Bagaimana mekanisme kerja lambung dihubungkan dengan cara kerja jaringan otot penyusun lambung?

_________________

4. Usus ruminansia merupakan salah satu organ penyusun sistem pencernaan yang tersusun atas berbagai jaringan, misalnya jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Keempat jaringan tersebut membentuk satu kesatuan yang mempunyai fungsi sama yaitu mencerna makanan. Analisislah struktur jaringan dari masing-masing jaringan dan hubungkanlah dengan fungsinya masing-masing pada usus!

Jawaban :

____________

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah kalian pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi