Pengertian Variabel Dependen, Independen, Moderating, dan Intervening

Variabel independen (independent variable) adalah tipe variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi variabel yang lain. Variabel dependen (dependent variable)adalah tipe variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen. Kedua tipe variabel ini merupakan kategori variabel penelitian yang paling sering digunakan dalam penelitian karena mempunyai kemampuan aplikasi yang luas.

Variabel dalam sebuah penilitian adalah hal mutlak dibutuhkan. Variabel penelitian mencerminkan karakteristik populasi yang ingin ditelaah. Ada beberapa jenis variabel, diantaranya adalah variabel Dependen, Independen, Moderating, dan Intervening. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis variabel tersebut.

Pengertian Variabel Dependen

Pengertian Variabel Dependen


Tujuan penelitian, seperti halnya tujuan teori adalah menjelaskan dan memprediksi fenomena melalui berbagai uji (Baca juga: Uji Validitas, Reliabilitas dan Asumsi Klasik) . Penjelasan dan prediksi fenomena secara sistematis digambarkan dengan variabilitas variabel-variabel dependen yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel-variabel independen. Bentuk hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen, dapat berupa hubungan korelasional dan hubungan sebab-akibaat. Sesuai dengan fenomena social yang dijelaskan, bentuk hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dapat bersifat positif atau negatif.

variabel moderating

variabel moderating

variabel moderating


Hubungan langsung antara variabel-variabel independen dengan variabel dependen kemungkinan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Salah satu diantaranya adalah variabel moderating, yaitu tipe variabel-variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel moderating merupakan tipe variabel yang mempunyai pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antar variabel. Sifat atau arah hubungan antar variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen kamungkinan positif atau negatif dalam hal ini tergantung pada variabel moderating. Oleh karena itu, variabel moderating dinamakan pula dengan variabel contingency.

variabel intervening 

variabel intervening

variabel intervening

Variabel lainnya adalah variabel intervening adalah tipe variabel-variabel yang mempengaruhi hubungan aantara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung. Variabel interveningmerupakan variabel yang terletak diantara variabel-variabel independen dengan variabel-variabel dependen, sehingga variabel independen tidak langsung menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen.

Sumber Pustaka: Nur Indriantoro, & Bambang Supomo. 2001. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE