Sistem Koordinasi Materi Biologi Terlengkap dan Soal

Tubuh manusia terdiri atas berbagai macam alat tubuh atau organ. Masing-masing organ memiliki fungsi tertentu dalam menunjang aktivitas tubuh. Semua aktivitas tubuh kita seperti berjalan, menggerakkan tangan, mengunyah makanan, dan lainnya, diatur dan dikendalikan oleh satu sistem yang disebut sistem pengatur ( regulasi). Sistem pengatur yang ada pada tubuh manusia adalah sistem saraf, sistem endokrin, dan sistem indra kelenjar endokrin.

SISTEM KOORDINASI

  1. Identitas
  2. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  3. Semester : Genap
  4. Kompetensi Dasar :

3.10 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkan-nya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon, dan alat indera dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi

4.10 Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) pengaruh pola hidup dan kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia melalui berbagai bentuk media informasi

  1. Materi Pokok : Sistem Koordinasi
  2. Alokasi Waktu : 6 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkan-nya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon, dan alat indera dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi serta Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) pengaruh pola hidup dan kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia melalui berbagai bentuk media informasi sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami wacana di bawah ini.

Tubuh manusia terdiri atas berbagai macam alat tubuh atau organ. Masing-masing organ memiliki fungsi tertentu dalam menunjang aktivitas tubuh. Semua aktivitas tubuh kita seperti berjalan, menggerakkan tangan, mengunyah makanan, dan lainnya, diatur dan dikendalikan oleh satu sistem yang disebut sistem pengatur ( regulasi). Sistem pengatur yang ada pada tubuh manusia adalah sistem saraf, sistem endokrin, dan sistem indra kelenjar endokrin.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1 dan 2 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.
  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

PENGANTAR

Sakit saraf biasanya dianggap sebagai satu gejala, bukan penyakit. Itulah serangan rasa sakit akut yang berulang-ulang terjadi di daerah jaringan saraf tertentu, biasanya daerah persarafan muka atau leher. Berbeda dengan radang urat saraf, sakit saraf ini tidak mengalami perubahan tata saraf. Contoh sakit saraf ini yang tepat ialah sakit saraf jenis trigeminal, glossopharyngeal dan causalgia.”

Kelainan dan penyakit yang terjadi pada system saraf manusia misanya epilepsy dan Alzheimer. Epilepsi merupakan penyakit yang dicirikan dengan adanya serangan pada neuron motorik atau neuron sensorik secara berulang-ulang. Akibatnya, otot-otot rangka berkontraksi berulang-ulang tanpa disadari. Alzheimer merupakan penyakit kehilangan kemampuan untuk peduli terhadap diri sendiri. Penderita Alzheimer kehilangan kemampuan untuk mengingat peristiwa yang baru saja terjadi.

Narkoba, inilah jenis obat-obatan yang sering disalah gunakan sebagian orang. Orang yang ketergantungan Narkoba dipastikan masa depannya terancam. Karena pengaruh narkoba terhadap sistem saraf nya bisa membuat candu berkepanjangan. Hidup hanya untuk berhalusinasi.Efek lain dari penggunaan obat-obatan terlarang adalah hilangnya kendali otot gerak, kesadaran, denyut jantung melemah, hilangnya nafsu makan, terjadi kerusakan hati dan lambung, kerusakan alat respirasi, gemetar terus-menerus, terjadi kram perut dan bahkan mengakibatkan kematian.

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

        1. Mengapa saat orang dipukul tekuknya akan jatuh pingsan, Jelaskan apa hubungan antara tengkuk dan sistem saraf?

Jawab: ……………………………..

        1. Apa hubungannya sistem saraf dengan orang latah ?

Jawab: ………….

  1. Jelaskan dampak narkoba terhadap system saraf ?

Jawab: ……..

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi sistem koordinasi, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya