UKBM BIO SISTEM RESPIRASI

Bernapas adalah bagian yang sangat penting dari aktivitas makhluk hidup. Tanpa bernapas, manusia akan mati. Cobalah menahan napas selama 1 menit saja! Dapatkah Anda melakukannya? Ketika menahan napas tersebut Anda merasakan sesak napas, bukan? Penyebab rasa sesak ini adalah dorongan tubuh akibat tubuh kekurangan oksigen.

Bila hal ini terjadi beberapa lama akan menyebabkan gangguan dalam tubuh dan akhirnya akan menyebabkan kematian.

  1. Identitas
  2. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  3. Semester : Genap
  4. Kompetensi Dasar :

3.8 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pernapasan dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pernapasan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

4.8 Merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) mengenai pengaruh pencemaran udara emisi gas buang kendaraan bermotor, asap rokok, kabut asap) dan kelainan pada struktur serta fungsi jaringan organ pernapasan terhadap kesehatan.

  1. Materi Pokok : Sistem Respirasi
  2. Alokasi Waktu : 12 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pernapasan dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pernapasan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi serta merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) mengenai pengaruh pencemaran udara emisi gas buang kendaraan bermotor, asap rokok, kabut asap) dan kelainan pada struktur serta fungsi jaringan organ pernapasan terhadap kesehatan sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami wacana di bawah ini.

Bernapas adalah bagian yang sangat penting dari aktivitas makhluk hidup. Tanpa bernapas, manusia akan mati.

Cobalah menahan napas selama 1 menit saja! Dapatkah Anda melakukannya? Ketika menahan napas tersebut Anda merasakan sesak napas, bukan? Penyebab rasa sesak ini adalah dorongan tubuh akibat tubuh kekurangan oksigen. Bila hal ini terjadi beberapa lama akan menyebabkan gangguan dalam tubuh dan akhirnya akan menyebabkan kematian. Bagaimana dengan orang yang berada di luar angkasa, misalnya astronot yang naik ke bulan, seperti terlihat pada Gambar 6.1!

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

        1. Hasil gambar untuk sistem respirasi pada manusia Perhatikanlah gambar berikut ini!

Tentukan nama organ, struktur penyusun organ serta fungsinya dalam table dibawah ini!

Nama Organ Struktur penyusun organ Fungsi
A
B
C
D
E
F
        1. Perhatikan gambar dibawah ini!

Hasil gambar untuk struktur paru-paru

g

f

e

d

c

b

a

Tentukanlah nama bagian organ paru-paru, struktur, serta fungsinya dalam table dibawah ini!

Nama Organ Struktur penyusun organ Fungsi
A
B
C
D
E
F

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 2

Kegiatan Belajar 2

Setelah anda belajar kegiatan 1 lanjutkan kegiatan 2 berikut ini. Bacalah buku refrensi dan pengantar di bawah ini!

PENGANTAR

Bernapas merupakan proses pertukaran gas antara organisme dengan lingkungannya. Respirasi adalah proses penggunaan oksigen dalam pembakaran makanan untuk menghasilkan energi. Sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Untuk bernapas manusia memerlukan alat-alat pernapasan yang berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi. Sistem pernapasan pada manusia mencakup dua hal, yakni saluran pernapasan dan mekanisme pernapasan.

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

Pada dasarnya paru-paru bersifat elastis. Volume dan tekanan paru-paru diatur oleh bagian-bagian yang membatasinya, yaitu rongga dada dan perut, sehingga dikenal ada 2 macam mekanisme pernapasan pada manusia, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Dari gambar dibawah ini tentukanlah jenis pernapasan serta mekanisme yang terjadi di dalamnya!

Gambar Jenis pernapasan Mekanisme
Hasil gambar untuk pernapasan dada
http://1.bp.blogspot.com/-woHSGyiZRUI/VG9K9wFM0jI/AAAAAAAATsI/5onEJrL03rs/s1600/dada.JPG
        1. Jelaskanlah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi pernapasan pada manusia!

……………………………

        1. Volume paru-paru dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Jelaskan perbedaan dari masing-masing volume paru-paru pada system respirasi manusia!
Nama volume Volume (cc) Deskripsi
1. Volume Tidal
2. Volume komplementer
3. Volume suplementer
4. Volume residu
5. Kapasitas vital paru-paru
6. Kapasitas total paru-paru

Hasil gambar untuk paru paru sehat dan perokok 4.Perhatikan gambar dibawah ini!

Dari gambar disamping analisislah perbedaan kondisi paru-paru perokok dan bukan perokok, lalu hubungkanlah dengan kerusakan fungsi yang mungkin dapat terjadi!

……………………………………………………………………

“SELAMAT MENGERJAKAN”

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 3

Kegiatan Belajar 3

Setelah anda belajar kegiatan belajar 2 lanjut pada kegiatan 3. Bergabunglah bersama kelompok yang telah ditentukan, kemudian lakukanlah kegiatan berikut ini!

        1. Bacalah artikel tentang pengaruh pencemaran udara terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia.
        2. Diskusikanlah bersama kelompokmu dan jawablah soal yang ada pada UKBM

Ayo berlatih !!

Dari artikel yang telah kalian baca, tentukanlah :

No. Judul Artikel Jenis pencemaran udara Jenis kelainan Deskripsi
1.
2.
3.
4.
5

Sumber :

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi sistem respirasi, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.