UKBM BIOLOGI Materi Bioproses

MEKANISME TRANSPORT MEMBRAN SEL

  1. Identitas
  2. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  3. Semester : Ganjil
  4. Kompetensi Dasar :

3.2 Menganalisis bioproses pada sel yang meliputi: mekanisme transport membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis) dan proses-proses lainnya sebagai hasil aktivitas berbagai organel sel.

4.2 Membuat karya dengan menerapkan bioproses yang berlangsung di dalam sel.

  1. Materi Pokok : Mekanisme transport membran sel
  2. Alokasi Waktu : 4 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Menganalisis bioproses pada sel yang meliputi: mekanisme transport membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis) dan proses-proses lainnya sebagai hasil aktivitas berbagai organel sel.serta membuat karya dengan menerapkan bioproses yang berlangsung di dalam sel sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami wacana di bawah ini.

Seseorang yang mengamati sel secara sepintas di laboratorium akan melihat benda yang berwujud begitu sederhana. Sebenarnya, masing-masing sel dalam tubuh kita bagaikan kota metropolitan yang tidak henti-hentinya disibukkan oleh berbagai jenis kegiatan. Sel juga memiliki pabrik mutakhir yang menghasilkan beraneka ragam produk. Untuk mengoperasikan pabrik ini dibutuhkan sistem impor untuk memasukkan bahan baku tertentu dari luar sel serta sistem ekspor untuk mengirimkan produk jadi yang akan digunakan sel lainnya.

Di dalam sel terdapat juga sistem pertahanan dan keamanan lingkungan yang melindunginya dari ancaman yang datang dari luar. Di samping itu ada juga bioproses dalam sel untuk mengatur.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.
  6. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

 

Ayo berlatih !!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Apakah perbedaan antara proses difusi, osmosis, transpor aktif?

Jawaban :

 

Jelaskan perbedaan antara endositosis, dan eksositosis?

Jawaban :

Pada saat ini telah dikembangkan cara bercocok tanam dengan sistem “aeroponik”, yaitu merupakan cara bercocok tanam di udara. Tanaman tidak diberi media untuk tumbuhnya akar, melainkan dibiarkan terbuka, dengan menggantung pada suatu tempat yang dijaga kelembabannya. Akar dan tubuh tanaman disemprot dengan larutan pupuk yang mengandung nutrisi tanaman. Tanaman tersebut akan mengisap nutrisi melalui tubuh dan akar. Coba Anda jelaskan dengan cara apakah akar tersebut menyerap nutrisi! Apakah secara difusi atau osmosis, berikan alasan yang jelas dan tepat!

Jawaban :

4. Jelaskan proses fagositosis gambar di bawah ini!

a. b. c. d.

Jawaban :

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi bioproses dalam sel, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.

Sukses untuk kalian!!!