15 Contoh Idgham Syamsiyah Terlengkap dan Makna

Contoh Idgham Syamsiyah ini sendiri akan memberikan kamu banyak sekali penjelasan singkat mengenai pembahasan singkat kita hari ini yang akan mengupas tuntas secara detail mengenai hukum bacaan Al ta’rif ( اَلْ ). Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa hukum Al ta’rif ( اَلْ ) ketika bertemu dengan huruf hijaiyah maka bacaan dibagi menjadi dua yaitu Al Qamariyah dan Al Syamsiyah.

Untuk pembahasan mengenai Al Qamariyah telah saya uraikan secara detail dalam artikel yang berjudul Contoh Alif Lam Qomariyah. Setelah anda memahami al-Qamriyah maka selanjutnya yang harus anda kuasai adalah bacaan al-Syamsiyah.

Contoh Idgham Syamsiyah Lengkap

Kendati sama-sama menjadi bagian dari hukum al ta’rif, namun kedua bacaan tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Terutama dalam hal cara membanya.

Maka dari itu silahkan anda simak penjelasan berikut ini dengan baik.

Apa itu Idgham Syamsiyah

Yang dimaksud dengan bacaan Idgham Syamsiyah adalah apabila ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan salah satu dari huruf hijaiyah 14 yaitu:

ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن

Maka hukum bacaannya adalah Idgham Syamsiyah.

Selain dinamakan Idgham Syamsiyah, bacaan ini juga sering disebut dengan al-Syamsiyah/asy-Syamsiyah. Jadi anda tidak usah bingung, meski namanya berbeda tapi maksudnya adalah sama.

Sama seperti bacaan al-Qamaiyah dalam Idgham Syamsiyah juga memiliki 14 huruf seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Supaya anda sekalian dapat memahami bacaan ini dengan baik, maka saya menganjurkan untuk menghafal keempat belas huruf tersebut.

Memang cukup banyak, jadi bagi yang pertama kali belajar ilmu tajwid mungkin agak kesulitan. Untuk itu hafalkanlah sedikit demi sedikit secara rutin nanti pasti bisa menghafalnya dengan baik.

Contoh Idgham Syamsiyah

Berikut ini kami sajikan 14 Contoh Idgham Syamsiyah lengkap untuk semua hurufnya.

Contoh Idgham Syamsiyah

Adapun penjelasan untuk contoh al syamsiyah di atas adalah

    1. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Nun. Cara membacanya adalah An Na’iim.
    2. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Dal. Cara membacanya adalah Ad daa’i.
    1. Di baca sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Sin. Cara membacanya adalah As samii’u.
    2. Di baca sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Dho’. Cara membacanya adalah Ad dhillu.
    3. Di baca sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Za’. Cara membacanya adalah Az zuuru.
    4. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Syein. Cara membacanya adalah Asy syakuuru.
    5. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Lam. Cara membacanya adalah Al lailu.
  1. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf To’. Cara membacanya adalah At thoomatu.
  2. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Tsa’. Cara membacanya adalah At tsaaqibu.
  3. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Shod. Cara membacanya adalah Ash shobuuru.
  4. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Ro’. Cara membacanya adalah Ar rohiimu.
  5. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Ta’. Cara membacanya adalah At tawwabu.
  6. Di baca  sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Dzod. Cara membacanya adalah adz dzuhaa.
  7. Di baca sebagai Idgham Syamsiyah karena ada Al ta’rif ( اَلْ ) bertemu dengan huruf Dzal. Cara membacanya adalah Adz dzikru.

Cara Membaca Idgham Syamsiyah

Cara membaca Idgham Syamsiyah adalah dengan memasukkannya kepada huruf setelah al-ta’rif.

Misalnya pada contoh yang pertama, di situ cara membacanya adalah An Na’iim. Huruf Al ta’rif ( اَلْ ) harus dihilangkan dan langsung masuk menuju ke huruf setelahnya.

Hal ini sesuai dengan arti kata dari bacaan Idgham Syamsiyah itu sendiri. Sebab secara bahasa Idgham artinya memasukkan. Syamsiyah artinya matahari.

Cara paling mudah membedakan antara al Qamariyah dan al Syamsiyah adalah Jika al Qamariyah di atas Al ta’rif ( اَلْ ) pasti berharokat sukun.

Sedangkan dalam al Syamsiyah kata Al ta’rif ( اَلْ ) tidak ada harokat sukun. Melainkan setelah Al ta’rif ( اَلْ ) pasti ada tanda baca tasydid.

Perbedaannya hanya itu saja. Jadi anda bisa dengan mudah mengidentifikasi antara bacaan al Qamariyah dan al Syamsiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *