31 Contoh Bacaan Idgham Mimi, Pengertian Terbaru

Sahabat Rajin Doa dalam postingan kali ini saya ingin belajar bersama dengan anda mengenai Contoh Bacaan Idgham Mimi.

Ini merupakan kelanjutan pembahasan mengenai Hukum Mim Sukun yang sudah saya sampaikan sebelumnya.

Ini sangat penting, mengingat pada pembahasan sebelumnya saya hanya menyampaikan gambaran umumnya saja. Sehingga menurut saya perlu diperjelas supaya anda semua memahaminya dengan benar.

Contoh Bacaan Idgham Mimi Lengkap

Idgham Mimi adalah salah satu bacaan tajwid yang termasuk dalam hukum bacaan Mim Sukun ketika bertemu dengan huruf hijaiyah.

Bacaan ini harus dikuasai dengan baik dan benar supaya saat membaca al-Qur’an anda bisa membaca secara fasih tanpa ada suatu kesalahan apapun.

Hal ini sangat penting mengingat cara membaca idgham mimi berbeda dengan kedua bacaan di dalam hukum mum sukun yang lainnya.

Meski sama-sama Mim sukun, tetapi ketika bacaan tersebut memiliki perbedaan yang harus dipahami dengan seksama.

Apa itu Idgham Mimi?

Yang dimaksud dengan bacaan Idgham Mimi adalah apabila ada Mim Sukun ( مْ) bertemu dengan huruf mim م maka itu wajib hukumnya dibaca Idgham Mimi.

Bacaan ini juga biasa disebut dengan Idgham Mutamatsilain, maka jangan heran apabila ada sebagian orang yang menyebutnya demikian.

Jadi ketika anda membaca al-Qur’an dan menemui adanya huruf Mim Sukun bertemu dengan Mim maka haruslah anda baca sebagai Idgham Mimi.

Hukum bacaan Idgham Mimi biasa diajarkan setelah siswa atau santri menguasai Ikhfa’ Syafawi. Sebab keduanya memang berurutan. Posisinya menempati urutan terakhir atau ketiga dari hukum bacaan Mim Sukun.

Contoh bacaan idgham mimi dalam surat al baqarah

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh bacaan Idgham Mimi yang terdapat di dalam QS al-Baqarah. Mengapa demikian? Sebab saya ingin supaya anda sekalian bisa mengeceknya langsung di dalam al-Qur’an. Lihat gambar di bawah ini dengan seksama.

Kelima contoh di atas adalah bacaan idgham mimi. Sebab ada Mim sukun bertemu dengan huruf mim. Supaya lebih jelas, saya telah menandainya dengan warna merah. Silahkan perhatikan baik-baik.

Mengenai cara membaca idgham mimi akan saya ulas di bawah ini. Hal tersebut sangat penting karena kesalahan dalam membaca akan berpengaruh terhadap arti kata.

Cara Membaca Idgham Mimi

Di sini saya akan menguraikan penjelasan mengenai cara membaca Idgham Mimi dengan menggunakan contoh-contoh yang sudah saya paparkan di atas.

    1. Contoh pertama terdapat dalam QS al-Baqarah ayat 38. Itu merupakan bacaan Idgham Mimi sebab ada Mim Sukun bertemu dengan Mim. Cara membacanya adalah Ya’tiyannakumminnii
    2. Contoh kedua terdapat dalam QS al-Baqarah: 52. Itu merupakan bacaan Idgham Mimi sebab ada Mim Sukun bertemu dengan Mim. Cara membacanya adalah ‘Ankumminnii
  1. Contoh ketiga terdapat dalam QS al-Baqarah: 56. Itu merupakan bacaan Idgham Mimi sebab ada Mim Sukun bertemu dengan Mim. Cara membacanya adalah Ba’atsnakummimba’dii
  2. Contoh keempat terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 61. Itu merupakan bacaan Idgham Mimi sebab ada Mim Sukun bertemu dengan Mim. Cara membacanya adalah Lakummaa saaltum
  3. Contoh kelima terdapat dalam QS. Al Baqarah: 64. Itu merupakan bacaan Idgham Mimi sebab ada Mim Sukun bertemu dengan Mim. Cara membacanya adalah Lakumminna.

Inti dari cara membaca Idgham Mimi adalah dengan memasukkan mim sukun kepada mim setelahnya.

Jadi seakan-akan mim sukunnya hilang dan langsung menuju ke mim selanjutnya. Maka agar lebih mudah dipahami setiap bacaan Idgham Mimi, hampir bisa dipastikan jika huruf mim setelah mim sukun pasti ada tasydid.

Ini berfungsi dan pertanda bagi siapa saja yang menemui bacaan Idgham Mimi harus dimasukkan ke dalam huruf mim di depannya.

Arti Idgham Mimi

Nama Idgham Mimi berasal dari dua suku kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu kata Idgham dan Mimi.

Secara bahasa, idgham artinya adalah memasukkan. Mimi artinya adalah dua sejenis. Sehingga gabungan dari keduanya berarti memasukkan kalimat yang dua sejenis.

Yang dinamakan dua sejenis di sini adalah dua huruf yang sama jenisnya yaitu Mim bertemu dengan Mim.

Cara membaca Idgham Mimi yang harus memasukkan pada mim di depannya ini memang diambil dari nama bacaan tersebut.

Tambahan

Berikut ini adalah contoh bacaan Idghom Mimi yang terdapat di Surat Hud

  • أَبَاؤُهُمْ مِّنْ قَبْلُ

  • عَلَيْكُمْ مِنَ الله

  • يُصِيْبَكُمْ مِّثْلُ

  • اِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِيْنَ

  • اَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Penutup

Bagaimana para sahabar Rajin Doa, sudah fahamkah anda semua mengenai bacaan Idgham Mimi yang telah saya paparkan dari atas.

Apabila ada sesuatu yang masih mengganjal dan belum dipahami, silahkan anda tulis komentar. Nanti secepatnya akan segera saya respon dan jawab.

Pada intinya, bacaan Idgham Mimi itu sangat mudah sekali untuk diingat. Sebab anda hanya perlu mengingat-ngingat sebabnya saja. Yaitu jika ada mim sukun bertemu dengan mim.

Hurufnya hanya satu yaitu mim. Agar anda cepat memahaminya saya anjurkan agar rajin-rajin mempraktikannya dalam membaca al-Qur’an.