7 Contoh Surat Permintaan Barang yang Baik dan Benar

Contoh Surat Permintaan Barang yang Baik dan Benar akan berisikan secara detail isi dan maksud dari surat tersebut yakni mengenai sebuah permintaan barang lengkap dengan harga dan rincianya sehingga sangat mudah untuk di pahami kepada siapa kita akan mengirim surat, juga haruslah jelas dan bisa di baca dengan sistem bahasa yang baku dan sopan.

Nah pada kesempatan ini admin akan mencoba share kepada sahabat di rumah mengenai beberapa Contoh Surat Permintaan Barang lengkap dengan bagaimana susunan dan cara membuatnya.

Contoh Surat Permintaan Barang dalam partai besar dan kecil sebenarnya sama saja.

Misalkan anda adalah seseorang yang baru bergerak dalam sebuah usaha retail makanan ringan dan mendapatkan ada informasi di iklan koran akan harga grosir yang di tawarkan oleh sebuah pihak dalam partai besar.

Maka jika anda ingin membeli dalam jumlah yang banyak dan bisa menjadi patner misalkan alangkah baiknya memang menggunakan sebuah surat, kendati demikian anda juga bisa berkirim email atau langsung ke tempatnya melalui konfirmasi telepon dahulu.

Akan tetapi, pada beberapa perusahaan tertentu yang dengan skala besar anda di haruskan membuat sebuah surat penawaran dan permintaan barang, karena nantinya ini akan masuk dalam sebuah laporan dari perusahaan tersebut dan menjadi sebuah tanggung jawab kerjasama dalam dunia bisnis yang mengikat dan jika diperlukan biasanya ada kontrak juga .

Ok langsung saja di simak dibawah ini admin sajikan beberapa contoh dari tata penulisan dan format surat permintaan barang secara baik dan benar.

1. Contoh Surat Permintaan Barang Atk

Contoh Surat Permintaan Barang
Contoh Surat Permintaan Barang

2. Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang

Medan, 9 Maret 2018
Nomor : — ( Bisa anda isikan dengan nomer surat jika ada )
Perihal : Permintaan penawaran dan daftar harga

Kepada Yth. :  PT. Makmur Sejahtera
Jl. Mawar No. 23 Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan iklan Anda pada sebuah radio pada tanggal 6 maret 2018, kami sangat tertarik untuk membeli aneka jenis alat peraga kesehatan yang anda tawarkan dalam iklan tersebut.

Untuk itu kami mohon Anda dapat mengirimkan spesifikasi yang lebih rinci, daftar harga, cara pembelian berikut cara pembayarannya. Adapun masalah pemesanan, akan segera kami lakukan setelah informasi dari Anda kami terima.

Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
PT Makmur Sejahtera

 

Endi Perkasa
Manajer General Affair

 

3. Contoh Surat Permintaan Barang

Telp :
Tanggal : 12 April 2018
Nomor : ……………………….
Hal : ……………………….

Kepada,
Yth.: PT. Intan Madani
Jln. Manis Jaya No. 12

Dengan hormat,
Sehubungan dengan surat penawaran Bapak, tanggal … (tanggal, bulan, tahun), perihal penawaran produk kosmetik. Dengan ini, kami bermaksud untuk memesan barang sbb. :

No.  Kode  Deskripsi  Jumlah yang Dipesan
1
2

Keseluruhan barang yang kami pesan harap dapat kami terima selambat-lambatnya tanggal …………..

Pembayaran terhadap seluruh barang pesanan kami, akan dilaksanakan 1 (satu) minggu, setelah barang-barang pesanan kami terima lengkap. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan foto copy tanda bukti pembayaran.

Demikian Surat Permintaan Barang ini kami sampaikan. Atas segala perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

……………………
……………………

4. Contoh Surat Pesanan Barang

Jakarta, 20 oktober 2011

Kepada Yth. :  PT. INDOMAKMUR
JL.
Jakarta

No. : 045/X/PDS/09
Hal : surat pesanan barang

Dengan hormat,
Berdasarkan surat penawaran barang yang dilakukan PT. INDOMAKMUR  pada kami PT. JAYA MAJU, maka kami bermaksud untuk memesan barang kepada Bapak/Ibu dengan spesifikasi dan harga sesuai dengan yang Bapak/Ibu tawarkan pada kami

Berikut ini adalah nama dan spesifikasi barang yang kami pesan

No … Nama Barang … Spesifikasi

Kami berharap barang yang kami pesan sesuai yang tercatat dalam Surat Pesanan Barang tersebut bisa dikirim segera, mengingat perusahaan kami sangat membutuhkan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya

 

Bambang
Manajer

5. Contoh Surat Pesanan Barang pdf

Contoh Surat Pesanan Barang pdf

 

6. Contoh Surat Pesanan Barang doc

Contoh Surat Pesanan Barang doc


Surat permintaan barang
adalah sebuah surat resmi dari pembeli kepada penjual agar dapat diberikan atau dikirimkan barang yang diminta sesuai dengan syarat syarat yang tercantum didalam surat permintaan barang tersebut.

Pada dasarnya Surat Permintaan Barang dan Surat Pesanan Barang adalah sama saja dalam maksud dan tujuannya.

7. Contoh Surat Pengajuan Barang

Surat pengajuan barang adalah surat (internal) yang ditujukan kepada atasan atau pihak yang berwenang yang masih dalam satu perusahaan, organisasi, sekolah, dll. yang sama.

contohnya adalah :
surat pengajuan barang inventaris kantor
surat pengajuan barang ke perusahaan
surat pengajuan barang ke sekolah
surat pengajuan barang atk
surat pengajuan barang ke atasan

DEPARTEMEN PERSONALIA
PT. ROCKET MANAJEMEN
Jl. Solo Km. 52 Sleman Yogyakarta
Telp. (0271) 31181, Email : manajemenrocket@gmail.com

Sleman, 23 November 2020

Nomor : 0956/PB/DP-RM/2020
Perihal : Pengajuan Pengadaan Barang

 

Kepada Yth.:
Kepala Departemen Sarana dan Prasarana
PT. ROCKET MANAJEMEN

Dengan hormat,

Sehubungan dengan bertambahnya pegawai Departemen Personalia di PT. ROCKET MANAJEMEN, maka bertambah juga kebutuhan akan barang keperluan kantor yang kami perlukan. Untuk itu, kami bermaksud mengajukan pengadaan barang seperti di bawah ini :

 

Jenis Barang ……….Jumlah
Kursi Kerja ………….20 Unit
Meja Kerja ………….10 Unit
Laptop ………………. 10 Unit

 

Kami berharap barang tersebut sudah dapat kami terima selambat–lambatnya pada tanggal 30 November 2020, dikarenakan pegawai baru akan mulai masuk kerja pada tanggal 01 Desember 2020 sesuai dengan instruksi dari atasan.

 

Demikian surat pengajuan pengadaan barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,
Kepala Departemen Personalia,

Amirudin Z

Baiklah sahabat di rumah dengan memperhatikan beberapa Contoh Surat Permintaan Barang diatas sebenarnya sahabat sudah bisa membuat sendiri atau mencontoh format yang sudah admin share diatas tinggal anda ganti saja nama Perusahaannya, Kemudian tanggalnya, kemudian nama manager dan yang lainya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *