Contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas Terbaru 2023

Sebelum membahas contoh surat perintah perjalanan dinas terbaru 2023, kita akan membahas dulu tentang hakikat dari surat perintah perjalanan dinas itu sendiri.

Surat perintah perjalanan dinas (SPPD) merupakan sebuah surat yang dikeluarkan perusahaan, badan usaha, atau perkantoran untuk staf yang diperintahkan melakukan perjalanan dinas sesuai kegiatan dan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan surat ini dikeluarkan tentunya adalah untuk memberikan keterangan yang jelas sesuai bukti nyata dalam wujud surat mengenai perintah dan waktu perintah tersebut harus dijalankan. Mengenai contohnya seperti apa, bisa Anda simak dalam informasi berikut!

Daftar Isi

Contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas Terbaru 2023

Guna memberikan penjelasan detail terkait SPPD, berikut kami berikan contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas terbaru 2023.

Berikut contohnya :

PT ABC DEF GHIJ

Jl. Sultan Abdullah, No. 50 – 53, Bandung

No. Telp (022)123456

No. Surat : 115/SPT/VII/2022

Perihal : Surat Perintah Perjalanan Dinas

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Yohannes Budi Arjasa S.Si, M.B.A.

Jabatan : Senior Manager

Nama Perusahaan : PT ABC DEF GHIJ

Alamat : Jl. Sultan Abdullah, No. 50 – 53, Bandung

 

Dengan ini memerintahkan kepada :

Nama : William Andreas S.E.

Jabatan : Staf pemasaran

Alamat : Jl. Bengawan Solo, No 36, Bandung

NIK : 987654567

Untuk melakukan survey terhadap ketersediaan barang atau produk tersisa di cabang perusahaan dan memastikan keuangan dari akuntan yang menangani cabang terkait sudah melaksanakan kewajiban akuntansi sebagaimana mestinya.

Tugas tersebut dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis, 26 – 27 Juli 2023 di cabang perusahaan seluruh wilayah Bandung kota.

Demikian surat ini dibuat agar dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Bandung, 22 Juli 2023

See also  Contoh Surat Pernyataan Menjadi Wali Nikah

Senior Manager,

 

TTD

Yohannes Budi Arjasa S.Si, M.B.A.

Format Surat Perintah Perjalanan Dinas Terbaru 2023

Untuk membuat surat seperti contoh surat perintah perjalanan dinas terbaru 2023 sebagaimana yang kami tuliskan di atas, kita perlu mengetahui format dalam penulisan SPPD.

Format SPPD atau Surat Perintah Perjalanan Dinas yang perlu dipahami sebagai berikut :

Kepala atau kop surat

Hal pertama yang harus ada di dalam SPPD adalah kepala atau kop surat. SPPD termasuk surat resmi sehingga salah satu ciri surat resmi memang harus ada salah satunya adalah memiliki kepala atau kop surat.

Kop surat menjadi tanda dan informasi legalitas surat yang dibuat dan didistribusikan untuk keperluan dinas atau perusahaan.

Nomor surat

Selain kop surat, nomor surat juga harus ada. Nomor surat menjadi bukti registrasi surat menyurat yang dikeluarkan atau masuk.

Nomor surat juga sangat penting untuk membantu memudahkan sekretaris perusahaan dalam urusan pengarsipan surat menyurat yang masuk atau keluar dari  perusahaan.

Identitas pemberi tugas

Pemberi tugas adalah pihak pertama yang memberikan tugas dan tanggung jawab kepada rekan atau staf terkait untuk melakukan tugasnya sesuai yang diperintahkan. Identitas pemberi tugas harus lengkap dituliskan termasuk nama, jabatan, nama perusahaan yang memberi tugas dan juga alamat perusahaan.

Tanpa adanya identitas pemberi tugas maka SPPD dinyatakan batal atau tidak memiliki kekuatan resmi yang mengikat. Sehingga SPPD tanpa ada identitas pemberi tugas dianggap tidak sah dan tidak boleh dilakukan oleh penerima tugas.

Identitas diri pelaksana tugas

Selain identitas pemberi tugas yang harus jelas dan lengkap, identitas diri dari pelaksana tugas juga harus tercantum jelas. Hal tersebut penting agar tidak sampai salah tujuan apalagi di perusahaan besar yang biasanya memiliki beberapa orang dengan nama yang sama.

See also  Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Drama Fiksi Terbaru Lengkap

Nama lengkap harus dituliskan jika perlu dengan gelar, jabatan, nomor induk karyawan dan alamatnya juga harus tercantum.

Rincian tugas yang diberikan

Rincian tugas perlu dipaparkan secara jelas di dalam format surat perintah perjalanan dinas atau SPPD dengan sedetail – detailnya. Keterangan tambahan atas tugas juga perlu dicantumkan agar pelaksana dapat memahami tugasnya dan melaksanakannya tanpa salah dan agar bisa dikerjakan sebaik mungkin.

Lokasi dan waktu

Poin ini juga harus dicantumkan secara jelas waktunya baik itu jam, tanggal sampai dengan hari perjalanan dinas dilakukan agar karyawan tidak salah alamat, waktu, atau tanggal dalam pelaksanaannya.

Penutup

Penutup umumnya berisi  pesan harapan dari pemberi tugas agar pelaksana tugas menjalankan perintah dengan baik. Penutup juga bisa ditambah dengan ucapan terima kasih kepada pelaksana tugas.

Tanda tangan dan nama terang

Tanda tangan dan nama terang berisi nama dan tanda tangan dari orang yang memberikan perintah tugas. Di atas tanda tangan dan nama terang juga biasanya diberi informasi tanggal surat dibuat dan jabatan pemberi tugas.

Baca Juga : Contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas

Demikian informasi penting yang kami dapat bagikan kali ini terkait contoh surat perintah perjalanan dinas terbaru 2023 yang bisa jadi inspirasi surat perjalanan dinas untuk kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *