Belajar Coding Untuk Pemula Agar Cepat Paham

Coding pada dasarnya merupakan kegiatan menulis sekumpulan kode untuk membuat suatu program, aplikasi, situs dan sebagainya. Di era serba digital sekarang ini, banyak orang sadar pentingnya melek teknologi dan ingin belajar coding. Lalu, belajar coding untuk pemula seperti apa yang efektif?

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa tips untuk pemula agar bisa memahami coding dengan baik. Simak tipsnya ya!

Daftar Isi

Tips Belajar Coding Untuk Pemula

Pelajari konsep dasar coding

Pelajari konsep dasar coding

Belajar coding untuk pemula diawali dengan belajar konsep dasar coding itu sendiri. Ada beberapa aspek yang menjadi konsep dasar coding, di antaranya :

  • Struktur data
  • Variabel
  • Control of structure
  • Tools
  • Syntax

Mempelajari bahasa pemrograman

Belajar coding juga identik dengan mempelajari bahasa pemrograman. Cukup banyak bahasa pemrograman yang perlu dipelajari dalam dunia coding mulai dari bahasa pemrograman C, C++, C#, SQL, PHP, Phyton, HTML, Javascript dan lainnya.

Namun di antara sekian banyak bahasa pemrograman, pemula perlu mempelajari lebih dulu bahasa pemrograman HTML dan Javascript sebagai dasar untuk belajar bahasa pemrograman yang lainnya.

Fokus mempelajari satu bahasa pemrograman lebih dulu

Agar belajar coding bisa lebih cepat, baiknya Anda fokus untuk belajar satu bahasa pemrograman dulu sampai benar – benar mahir. Tentukan juga tujuan Anda mempelajari bahasa pemrograman karena satu bahasa pemrograman akan menentukan tujuan Anda selanjutnya.

Sebagai contoh, jika Anda tertarik menjadi database engineer atau system engineer maka bahasa pemrograman PHP, SQL, Phyton dan JavaScript diperlukan. Sementara jika Anda ingin menjadi pengembang aplikasi smartphone, maka aplikasi C, Java, Swift dan Kotlin yang cocok dipelajari.

Namun jika tujuan belajar coding adalah untuk membuat game, maka bahasa Unity dan C# yang diperlukan Anda pelajari. Jadi sesuaikan juga dengan tujuan Anda. Namun apapun tujuan Anda, HTML dan JavaScript tetap menjadi dasar penting untuk dipahami lebih dulu.

See also  Apakah Anda sudah Tahu Tentang Bea Cukai STAN

Belajar coding melalui game coding

Belajar coding melalui game coding

Banyak orang yang merasa belajar lebih mudah melalui game. Karena itu jika Anda sudah memahami konsep dasar bahasa pemrograman, coba mainkan game coding. Anda bisa belajar lebih efektif dan lebih menyenangkan dengan memainkan game tersebut.

Belajar coding melalui game juga bisa menjadikan aktivitas belajar tidak monoton begitu saja. Anda pun akan terhindar dari rasa jenuh atau bosan selama belajar.

Belajar coding secara manual

Membiasakan diri menulis coding secara manual memang terasa aneh. Namun inilah yang perlu dilakukan jika Anda ingin mengingat bahasa pemrograman lebih bagus dan meningkatkan pemahaman Anda secara menyeluruh.

Anda bisa lebih percaya diri memaparkan pengetahuan Anda tentang bahasa pemrograman dengan coding manual. Anda juga bisa meningkatkan pemahaman syntax dan algoritma secara signifikan.

Belajar membuat program sendiri

Semakin sering latihan, maka semakin lihai dalam menyusun kode – kode pemrograman. Karena itu jangan berhenti latihan. Anda bisa mulai belajar membuat program sendiri jika sudah melakukan tips – tips di atas.

Anda bisa mulai membuat program sederhana misalkan merancang sistem atau alat yang bermanfaat untuk meningkatkan fitur digital assistant sederhana. Coba lihat hasilnya, apakah work atau tidak. Jika work, berarti Anda mulai berhasil dalam menyerap apa yang Anda pelajari.

Bergabung dalam kursus coding

Bergabung dalam kursus coding

Jika memang Anda berniat menekuni dunia coding dan ingin menjadi profesional di bidang tersebut, maka Anda harus melanjutkan belajar coding dengan ikut kursus. Banyak kursus gratis sampai berbayar yang bisa dipilih. Sesuaikan saja dengan budget Anda, terpenting jangan pernah menyerah untuk belajar.

Baca Juga : Belajar Tenses Bahasa Inggris

Itulah sedikit tips belajar coding untuk pemula yang kami dapat sampaikan untuk Anda yang ingin mulai belajar coding. Selamat mencoba tips yang kami bagikan dan selamat belajar.

See also  Pengertian Endemi Adalah dan Perbedaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *