Contoh Cerpen Cerita Pendek Yang Wajib Diketahui

Contoh Cerpen Cerita Pendek – Cerpen merupakan cerita pendek, mahakarya tulisan yang lebih simple dibanding novel. Berbeda dengan novel, cerpen adalah tulisan singkat tetapi ada banyak makna yang tersirat dalam tulisan tersebut. Penokohan dan alur cerita yang disuguhkan juga menarik, hanya saja mungkin anda masih bingung dengan perbedaan cerpen dan novel.

Untuk cerpen sendiri ada juga ciri cirinya yang harus anda ketahui, dalam artikel ini kami ingin membagikan tentang contoh cerpen singkat yang wajib anda ketahui agar anda bisa mendapatkan cerpen atau bahkan membuatnya dengan mudah. Berikut ini referensinya yang bisa kami bagikan hari ini.

Daftar Isi

Unsur Unsur Cerpen Yang Wajib Anda Ketahui

Tema

Untuk di cerpen sendiri ada tema yang harus ditentukan, kita sebagai penulis harus menentukan tema apa yang kira kira tepat untuk dibuat untuk cerpen. Karena tema adalah suatu hal yang wajib dan juga hal yang harus dipikirkan. Sebaiknya anda pikirkan matang matang dalam membuat tema.

Sudut Pandang

Untuk sudut pandang disini merupakan sudut pandang sendiri atau sudut pandang orang ketiga. Anda bisa membuat tema sesuai sudut pandang dan keinginan yang ingin anda buat, jangan sampai bingung apabila membuat sudut pandang yang tak sesuai keinginan. Atau bahkan tak bisa membuat sudut pandang yang menarik dalam cerita pendek tersebut.

Tokoh

Tokoh atau penokohan adalah hal yang harus dipikirkan. Tentunya ada protagonis dan antagonis. Anda harus berpikir secara jernih, kira kira nama tokoh dan juga sifat sifat tokoh yang pas manakah yang lebih baik dan juga bagus?

Latar

Latar atau tempat dalam cerpen harus anda tentukan, tentunya hal ini agar para pembaca juga mengetahui. Karena tanpa adanya latar atau tempat, anda juga akan bingung dan kesulitan dalam menentukan jalan cerita.

See also  20+ Contoh Mind Mapping Simple Menarik Doraemon Dll

Alur

Terakhir tentunya ada alur atau jalan cerita. Apakah alur sekarang, menggunakan masa lalu atau nantinya bagaimana menurut anda? Sangat amat perlu anda pikirkan juga tentang alur ini. Demi bisa menunjang suksesnya cerpen. Anda perlu mengetahui hal tersebut tentunya.

Contoh Cerpen

Hujan

Tatkala hujan menyelimuti bumi, aku merasa tak kesepian lagi. Entah mengapa dentingan air membuatku tenang. Aku terperangkap dalam kenyataan pahit yang harus ku terima. Saat mulai menemukan cinta, tapi seseorang itu sudah memiliki pasangan. Mungkin saja aku hanya dipertemukan tapi tak bisa disatukan.

Rintikan hujan membuatku sadar, tentang ap aitu arti hidup. Pantas saja orang yang patah hati atau bersedih merasa nyaman. Aku berada di kamarku sendiri, mendengar rintik hujan membuatku sadar akan harusnya hidup seperti biasa.

Karena aku suka hujan, walaupun sendiri merasa tetap ada teman. Saat hujan berhenti, aku tersadar apabila aku tak ada yang menemani. Lewat alunan musik yang ada, aku merasa senang.

Saat kita senang kita hanya mendengar musiknya, berbeda saat sedih kita resapi dan juga mendengarkan maknanya. Walaupun aku merasa marah pada takdir yang sudah ditentukan, paling tidak aku sudah berusaha dan berjuang sampai titik darah penghabisan.

Baca Juga : Contoh Naskah Drama Komedi

Itulah tadi contoh cerpen seperti puisi dan memaknai soal cinta, untuk kehidupan ada banyak tema cerpen yang bisa anda coba. Mungkin saja anda sedang mencari referensi contoh cerpen dan penjelasannya. Kami referensinkan dalam artikel ini, kami harap dengan adanya artikel ini anda terbantu tentunya. Karena tanpa adanya penjelasan yang detail terkadang kita tak paham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *