Contoh Majas Dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Majas – Apa itu majas? Pernahkah anda mendengar tentang beberapa majas yang tak anda ketahui? Majas sendiri adalah gaya Bahasa yang dibuat agar lebih menarik dalam berbicara. Yang sering kita dengar dan tak asing adalah majas hiperbola. Majas hiperbola adalah majas yang melebih lebihkan. Niatnya menyindir, tetapi sebenarnya tidak untuk memuji.

Selain hiperbola ada juga majas majas lain yang keren dan juga bisa digunakan. Dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa majas beserta contoh contohnya yang wajib anda ketahui tentunya. Berikut ini akan kami bahas dan kami ulas dalam artikel menarik ini tentunya. Berikut ini informasinya yang bisa anda ketahui dan anda baca.

Contoh Majas

Majas Perumpamaan

Majas perumpamaan merupakan majas yang menarik, kita bisa menggunakan majas ini untuk kehidupan sehari hari. Tentunya hal ini membuat kita harus bisa mengetahui dan juga menggunakan majas ini sebaik mungkin untuk perumpaan.

  • Sebagai anak pertama ia dituntut menjadi tulang punggung keluarga, karena tak ada yang bisa mencukupinya.
  • Menjadi beban hidup Burhan memutuskan merantau mencari pekerjaan yang layak.
  • Bagaikan pungguk merindukan bulan, cinta tak berbalas Rio harus kandas dan bertepuk sebelah tangan. Karena wanita yang ia cintai ternyata sudah memiliki suami.
  • Ibu banting tulang pagi sampai malam, anaknya malah tak tahu diri meminta yang aneh aneh

Majas Metafora

Berbeda Dengan majas perumpaan, majas ini merupakan majas yang langsung dianalogikan menjadi Bahasa yang keren dan juga lebih bagus. Mungkin saja anda ingin mengetahui contohnya bisa mencoba mengetahuinya.

  • Seperti anak bawang, baim tersiksa tak dianggap oleh kedua orang tuanya.
  • Anak semata wayang itu selalu dimanja, membuat dia saat dewasa menjadi manja dan tak mau bekerja.
  • Tulang punggung dalam keluarga hanya Ibu, sebab ayah sakit kini Ibu harus kuat dan berjuang untuk mencukupi kebutuhan dengan mudah.
See also  Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Word

Majas Hiperbola

Majas ini merupakan pertentangan, bisa untuk melebih lebihkan bahkan untuk menyindir. Kita taka sing lagi mendengar sindiran dengan menggunakan majas pertentangan ini. Sebagai berikut contoh majas hiperbola yang wajib anda ketahui.

  • Kelamaan jomblo sampai semut saja tak ada yang mau dekat.
  • Kita hanya bisa Bersama tapi tak bisa bersatu, sadarlah cinta kita hanya sementara.
  • Pilu hati ini tak seberapa, dibandingkan kamu yang sudah meninggalkanku begitu saja. Bak tergores pisau, hatiku tersayat sayat olehmu.

Majas Sarkasme

Sarkasme juga sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari, hal ini disebabkan karena kita bingung membicarakan hal tersebut kepada seseorang. Dengan cara sarkas biasanya orang tersebut akan sadar bahkan akan malu sendiri dengan kata kata dari kita. Berikut beberapa contohnya yang perlu anda ketahui :

  • Beliau ini bukan sembarang beliau, memimpin perusahaan saja tak bisa apalagi memimpin negara.
  • Kok bisa ya plonga plongo bisa jadi pimpinan dan dipercaya banyak orang.
  • Alhamdulilah ya di negara ini semuanya stabil, beda dengan negara lain yang tak stabil ekonomi dan juga keamanannya.
  • Dipikir pikir malah kepikiran, kok bisa dia bisa jadi atasan perusahaan yang aneh.

Baca Juga : Contoh Kalimat Fakta Dan Opini

Sekian beberapa majas dan contohnya yang bisa kami bagikan untuk anda semua. Kami berharap dengan adanya majas majas diatas bisa membantu anda, agar anda bisa mengaplikasikan majas majas ini dengan mudah dengan cara mengetahui perbedaan dan penggunaannya yang baik dan benar. Semoga saja dapat bermanfaat dan bisa dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *