12 Contoh Latar Belakang, Makalah, Proposal, Laporan Lengkap

Contoh Latar Belakang masalah dalam sebuah makalah, proposal sampai dengan laporan hasil dari sebuah pengamatan atau observasi pada sebuah hal akan kami berikan kepada kamu yang tentu saja sedang menyusun sebuah tugas dimana akan membuat ulasan berupa laporan dan makalah maka akan ada bagian yang dinamankan dengan latar belakang.

Latar belakang yang baik tentu saja berisi sebuah ulasan singkat jelas dan padat mengenai garis besar kenapa kalian mengambil tema itu untuk dijadikan sebuah makalah misalkan, kemudian disana juga akan tercantum secara rinci apa saja isi pembahasan makalah dan laporan kalian sehingga memang ketika orang sudah membaca latar belakang masalah yang di utarakan maka secara umum sudah bisa mengerti apa isi dan pembahasanya.

Pengertian Latar Belakang

Yang dimaksud latar belakang ialah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman untuk pembaca atau pendengar tentang apa yang ingin kita sampaikan. Pada umumnya latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin dan kalau perlu disertai dengan sata atau disertai fakta yang mendukung.

Beberapa hal yang ada di dalam latar belakang ialah:

1. Kodisi Ideal, biasanya mencakup keadaan yang dicita-citakan, ataupun diharapkan terjadi. Kondisi ideal ini pada umumnya dituangkan dalam bentuk visi dan misi yang akan diraih.

2. Kondisi aktual, yaitu suatu kondisi yang terjadi saat ini. pada umumnya kondisi aktual ini menceritakan tentang perbedaan situasi antara kondisi sekarang ini dengan kondisi yang dicita-citakan terjadi.

3. Solusi, yaitu saran singkat atau penawaran penyelesaian kepada masalah yang sedang dialami sebelum melangkah lebih lanjut kepada pokok pembahasan.

Di samping itu, latar belakang bisa juga mengandung perbandingan juga penyempurnaan atas tulisan tentang topik yang sama sebelumnya.

Di bawah ini ialah contoh latar belakang yang baik dan benar yang disajikan untuk pembaca. Mulai dari contoh latar belakang laporan, contoh latar belakang proposal, contoh latar belakang karya ilmiah contoh latar belakang skripsi, contoh latar belakang makalah, contoh latar belakang laporan penelitian, contoh latar belakang makalah dan yang lainnya. Mari langsung saja simak contohnya berikut ini:

Contoh Latar Belakang

Latar belakang masalah didalam sebuah laporan penelitian yakni menceritakan kembali latar belakang dari si peneliti kenapa dirinya memilih judul penelitiannya. Dalam latar belakang ini masalah ini seolah-olah peneliti sedang menjadi seorang detektif yang tengah mengamati lingkungan tempat kejadian perkara atau biasa disebut TKP.

Akan tetapi latar belakang ini juga dapat mengacu untuk beberapa aspek diantaranya ialah ekonomi, krisis edeologi, sosial, budaya, keamanan, dan juga pertahanan. Latar belakng itu pada umumnya juga akan ditutup dengan sebuah kunci tentang pentingnya masalah itu supaya segera diteliti dan juga dampaknya akan bagaimana kalau penelitian itu ditunda-tunda.

Jumlah halaman di setiap latar belakang masalah dari hasil penelitian ialah proporsional, juga tergantung dari semua hasil laporan juga penelitian itu. Namun jangan sampai jumlah halaman di latar belakang melebihi isi daripada hasil penelitian itu sendiri terkecuali lebih banyak dari kesimpulan dan juga saran pada akhir hasil laporan.

Jadi maksudnya disini adalah, peneliti harus menentukan judul dari penelitian yang sedang dilakukan sebaiknya temukan masalahnya terlebih dulu. Masalah itu nantinya akan dijadikan latar belakang peneliti pada saat peneliti sedang melaksanakan proses penelitian.

Contoh Latar Belakang Skripsi Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu usaha manusia di dalam menumbuhkan dan juga mengembangkan potesi diri baik itu secara jasmani ataupun secara rohani yang sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di masyarakat dan budaya. Kemajuan dari suatu bangsa atau negara juga tidak lepas dari yang namanya pendidikan, sebab pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia atau SDM.

Disini pendidikan juga mempunyai peranan yang sangat penting di dalam menjamin perkembangan dan juga kelangsungan hidup suatu bangsa sebab pendidikan bisa membentuk manusia yang pintar, cerdas, dan juga terampil. Pendidikan juga bisa mewujudkan sumber daya manusia atau SDM yang kreatif dan berkualitas juga mampu bersaing di dalam setiap tantangan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Tujuan utama pendidikan adalah membuat setiap manusia menuju perubahan tingkah laku yang jauh lebih baik dan juga lebih intelektual sehingga manusia bisa menjadi sosok individu yang mandiri sekaligus untuk makhluk hidup sosial yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkhualitas. Akan tetapi, penyelenggaraan pendidikan ini juga harus disesuaikan dengan perkembangan dan juga dengan perubahan masyarakat.

Sekolah juga menjadi salah satu lembaga pendidikan yang formal diselenggarakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mewujudkan pendidikan Nasional. Cara untuk mencapai tujuan itu ialah dengan melalui interaksi di dalam proses belajar di sekolah, sistematik, dan terarah menuju ke arah perubahan tingkah laku di setiap anak didik yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pelaksanaan pendidikan Nasional tersebut harus menjamin peningkatan mutu pendidikan di tengah-tengah pengaruh global yang saat ini terjadi supaya setiap warga Indonesia menjadi makhluk yang patuh kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai akhlak yang mulia, memiliki pemikiran yang verdas, proaktif, dan juga berdaya saing yang tinggi baik itu di dalam pergaulan Nasional ataupun di dalam pergaulan Internasional.

Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Tujuan terakhir dari pendidikan S1 Yakni adanya keterampiran di dalam dunia kerja. Namun di dalam dunia perkuliahan, kebanyakan mahasiswa hanya belajar teori dan belajar praktiknya saja tanpa belajar keterampilan untuk dipakai di dalam dunia kerja. Oleh karena itu, disini mahasiswa diharuskan untuk mengikuti magang di sebuah perusahaan yang bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengalaman yang sinkron di dalam dunia kerja.

Mungkin banyak dari fresh graduate yang mengeluh mengenai sulitnya memperoleh pekerjaan. Namun, tahukah kamu jika banyak juga perusahaan yang sulit memperoleh fresh graduate yang benar-benar siap untuk bekerja?. Hal itu disebabkan karena sistem pendidikan yang belum efektif dan juga sistem sosial yang menghambat. Contohnya saja kebanyakan orang yang berpikir jika harus kuliah dulu baru setelah itu bekerja.

Oleh sebab itu, para mahasswa disini sangat membutuhkan magang atau praktek kerja lapangan supaya tahu dunia kerja yang sesungguhnya itu bagaimana dan sepeti apa. Magang adalah salah satu kegiatan pelatihan guna untuk menambah pengetahuan, sikap, dan juga keterampilan di dalam mendapatkan pengalaman yang nyata di dalam bekerja.

Disamping memberikan perkuliahan yang sifatnya hanya teori saja, magang ini juga sangat penting untuk bekal mahasiswa di dalam melakukan praktek lapangan di lembaga-lembaga pemerintahan ataupu di lembaga-lembaga swasta. Sehigga mahasiswa bisa menimba pengalaman dari praktek kerja lapangan  yang sedang dijalaninya itu.

Dunia kerja pada saat sekarang ini pastinya akan lebih efektif di dalam memilih tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Ditambah dengan kecanggihan teknologi yang membantu manusia tidak terlalu diperlukan di suatu perusahaan.

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Tedapat banyak macam dan makanan ringan dari makanan yang kecil sampai makanan yang besar, dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal. Setiap orang yang mempunyai aktivitas yang cukup sibuk dan cukup padat pastinya memerlukan makanan. Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Makanan yang terdapat di pasaran saat ini sudah remakin beragam, namun sangat disayangkan sebab tidak banyak yang menjual makanan tradisional atau makanan khas yang berasal dari tanah air Indonesia.

Salah satu makanan ringan yang sangat sederhananya penyajiannya dan juga mempunyai rasa yang sangat lezat juga khas Indonesia serta cocok untuk dicemil pada berbagai situasi ialah keripik ubi yang manis. Pembuatan makanan yang baru saja dijual di pasaran ini memang sangat sederhana, higenis sebab dibuat sendiri dan juga tanpa adanya bahan pengawet apapun juga memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga ini akan menarik minat masyarakat untuk menikmatinya.

Keripik upi yang dipadukan dengan rasa buah durian ini adalah jenis makanan tradisional yang enak, lezat, manis, dan juga nikmat. Keripik yang baru akan muncul di pasaran ini nantinya akan terus dikembangkan juga dipromosikan kepada seluruh masyarakat. Sehingga usaha ini memang sangat layak untuk menjadi salah satu usaha kuliner lain daripada yang lain di Indonesia.

Dengan melihat langsung potensi usaha kuliner khusunya untuk makanan ringan, maka saya ingin sekali membuka usaha makanan yakni KERIPIK UBI RASA DURIAN ini akan terus dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi supaya seluruh masyarakat Indonesia ini tidak akan lupa dengan makanan ini yakni ubi.

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour

Surabaya ialah salah satu kota di Jawa Timur yang lebih dikenal dengan nama Kota Pahlawan. Kota surabaya ini sering disebut dengan kota industri dan kota kuliner sebab di kota ini banyak tempat sejarah yang tidak dapat dilupakan juga makanan khasnya yang terkenal, seperti rujak cingur.

Tempat-tempat pariwisata yang terdapat di Surabaya juga sangat mengesankan. Maka tidak heran kalau banyak turis mancanegara ataupun wisatawan lokal yang mendatangi kota bersejarah ini dengan tujuan untuk berlibur di tempat-tempat yang eksotik di Surabaya. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda harus mencoba berkunjung ke Surabaya untuk mempelajari sejarah juga budaya yang terdapat di kota yang eksotis ini.

Sebab itulah, pihak sekolah membuat kegiatan yang sangat menunjang pendidikan yakni dengan berwisata atau study tour ke Kota surabaya. Dengan karya wisata inilah maka murid-murid SMU Bina Mandiri Jakarta akan memperoleh pengalaman dan juga memperoleh pengetahuan mengenai perjalanan dan juga berwisata ke Kota Surabaya. Murid-murid juga bisa ikut belajar banyak hal dari kota yang dituju yakni Surabaya.

Contoh Latar Belakang Makalah Agama

Agama dan manusia pastinya mempunyai hubungan yang sangat erat kaitannya. Agama dan manusia memang tidak bisa dipisahkan sebab agama dibuat untuk menolong hidup manusia. Agama juga sangatlah diperlukan oleh setiap manusia untuk pegangan hidup dan juga jalan untuk menuju akhirat nanti. Dengan terdapatnya agama ini, maka kehidupan kita akan jauh lebih bermakna dan juga ilmu agama membuat hidup manusia menjadi lebih sempurna.

Di samping itu, terdapatnya agama di dalam kehidupan manusia, maka hati manusia akan lebih tenang sebab manusia itu sendiri mempunyai keyakinan dan juga mempunyai kepercayaan akan terdapatnya Tuhan yang senantiasa menjadi penolong bagi setiap umatnya. Agama juga akan selalu memelihara manusia dari setiap perilaku yang menyimpang, perilaku yang negatif seperti misalnya kasus-kasus kriminal.

Oleh sebab itu, kita sebagai manusia yang beragama memerlukan keimanan yang sangat kuat dan juga teguh sehingga disaat kita dihadapkan oleh pilihan yang salah kita sudah tahu jika hal tersebut tidak boleh untuk dilakukan atau hal itu dilarang oleh agama. Di samping itu, agama juga dapat menjadi benteng pertahanan setiap umat muslim dari berbagai ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Pembinaan akhlak yang mulia dan juga akidah akan menjadikan setiap individu mempunyai moral yang sangat baik juga bisa bertaqwa kepad Allah SWT sehingga kita sebagai manusia biasa bisa menjadi teladan untuk masyarakat dan juga berguna untuk manusia yang lainnya. Hubungan kita dengan Tuhan memang telah diatur sedemikian rupa oleh agama, yakni dengan cara beribadah contohnya mengaji dan shalat.

Namun contoh ibadah yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya tidaklah terbatas dalam shalat dan juga mengaji saja sebab sangat banyak contoh sikap ataupun hal yang dapat dilakukan oleh manusia yang juga mengandung ibadah. Contohnya bersedekah untuk orang lain yang lebih memerlukan, menolong kepada sesama manusia tanpa memandang agama, ras, suku, dan juga warna kulitnya, dan juga masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Contoh latar belakang Karya Ilmiah Mengenai Sampah

Sampah adalah barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi dan pasti harus dibuang, kalau barang bekas ini tidak dibuang pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga akan mencemari lingkungan. Sampah yang dibiarkan begitu saja pasti akan menjadi sumber penyakit untuk manusia dan juga makhluk hidup yang lainnya, menyumbat pada saluran air kemudian akan menimbulkan banjir pada saat hujan deras datang.

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman saat ini terdapat cara untuk mengatasi masalah sampah ini, salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan dimanfaatkan menjadi sebuah sumber penghasilan. Contohnya untuk beberapa sampah organik yang sangat banyak yakni sisa-sisa makanan akan diolah lagi menjadi pupuk kompos. Sedangkan untuk sampah organik seperti plastik ataupun kertas pada umumnya akan dijadikan bahan daur ulang.

Hampir disetiap lingkungan yang banyak sampah menjadi masalah yang sangat umum. hal itu disebabkan karena banyaknya orang yang masih belum menyadari akan kebersihan sehingga mereka masih membuang sampah secara sembarangan. Seperti yang telah kita semua ketahui, jumlah sampah per harinya semakin meningkat. Populasi manusia yang selalu bertambah juga membuat keperluan pun ikut bertambah sehingga munculah yang namanya sampah.

Hal ini menjadi masalah yang tidak sepele dan juga menjadi masalah yang sangat serius sebab sampak ini pasti menyebabkan keadaan menjadi tidak seimbang sehingga harus terdapat penanggulangan atau ada pergerakan di dalam memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai tinggi. Kita pasti juga banyak menemui sampah dimana-mana yang mana sayangnya memang tidak dapat dikelola dengan baik oleh orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitarnya. Mereka tidak peduli dengan adanya sampah yang menumpuk bahkan cuek begitu saja, padahal hal ini juga berdampak kepada kesehatan mereka.

Pengelolaan sampah yang sangat buruk pastinya akan menimbulkan pencemaran baik itu pencemaran tanah, pencemaran udara, ataupun pencemaran air. Sampah memang telah menjadi barang yang tidak memiliki nilai lagi. akibatnya manusia membuang sampah secara sembarangan tanpa memikirkan dampaknya.

Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah

Observasi ialah hal yang sangat penting khususnya untuk bidang pendidikan dalam mengenetahui cara mengajar yang baik untuk para guru di setiap sekolah. Dalam hal ini, saya disini juga melakukan kegiatan observasi di SD Kusuma 1-3 Jakarta di dalam memenuhi tugas laporan observasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada saat mengatar di dalam ruang kelas.

Dengan adanya kegiatan observasi ini sangat diharapkan bisa mengetahui bagaimana cara guru bagaimana cara guru mengajar dan juga mendidik para muridnya. kita juga dapat memilih cara apa saja yang nantinya akan kita terapkan terhadap anak-anak didik kita nanti dan juga apa saja yang sebaiknya tidak dipakai. Di SD Kusuma, saya melakukan beberapa peninjauan dan juga mencari sebuah informasi mengenai kegiatan belajar mengajar.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang khusus untuk mengajar para murid oleh para guru. Pendidikan dasar yang terdapat di sekolah menjadi hal yang sangat penting untuk membuat anak didik yang bermutu dan berkhualitas. Sesudah melakukan observasi di SD Kusuma, saya menjadi lebih banyak tahu mengenai pembelajaran dimata pelajaran Matematika yang ternyata masih sangat rendah dan hal inilah yang harus diperbaiki lagi.

Rencana pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru disana ternyata belum sesuai dengan adanya pelaksanaannya sehingga muncul beberapa kendala yang harus dihadapi oleh para guru pada saat mengajar Matematika. Lalu solusi yang ditawarkan untuk guru itu ialah mengubah mekanisme guru di dalam mengajar mata pelajaran Matematika.

Setiap individu mempunyai cara, keunikan, dan juga kemampuan masing-masing yang jelas dan berbeda-beda. Ada yang sangat cepat untuk memahami pelajaran yang sedang disampaikan oleh guru, namun ada juga yang sangat lambat memahami pelajaran yang disampaikan. Bukan hanya itu saja, karakteristik setiap siswa disekolah pasti berbeda-beda, disini ada juga murid yang berprestasi tetapi ada juga syarat mengenai masalah yang dilakukan di sekolah.

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Akuntansi

Pada zaman yang serba modern ini, perkembangan dunia di Negara Indonesia saat ini semakin kompetitif. Mau tidak mau, hal tersebut menuntut setiap perusahaan untuk dapat lebih mengolah managemen perusahaannya. Di samping itu, bertambahnya pesaing pada setiap perusahaan baik itu perusahaan lokal ataupun perusahaan Internasional juga menjadi salah satu faktor yang membuat perusahaan harus bisa bertahan.

Oleh karena itu, perusahaan harus dapat menampilkan citra yang benar dan baik, menambah kinerja perusahaan, dan juga membuat strategi yang benar-benar matang di dalam pembuatan laporan keuangan. Managemen keuangan di dalam sebuah perusahaan akan sangat berpengaruh dalam kegiatan dan juga eksistensi perusahaan, juga dalam setiap inividu yang bekerja di dalamnya.

Seorang manager keuangan di sebuah perusahaan harus menjalankan managemen keuangan dengan sangat baik supaya perusahaan bisa menjalankan kegiatan operasionalnya dengan cara yang sangat efektif dan juga efisien. Sehingga perusahaan pun bisa mengembangkan lagi setiap aktivitas dan juga segala kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan itu.

Di samping itu seorang managemen keuangan juga harus melakukan analisis kepada setiap laporan keuangan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan perusahaan di dalam mengatasi segala masalah keuangan dan juga menyelesaikan masalah dengan sangat cepat. Di samping bermanfaat untuk perusahaan, menganalisis laporan keuangan ini juga sangat sekali bagi pihak-pihak yang berkepentingan di sebuah perusahaan.

Analisis rasio keuangan yang umumnya dipakai didalam suatu perusahaan ialah analisis rasio likuditas atau rasio modal kerja. Analisis rasio likuditas ialah jenis rasio yang dipakai untuk mengukur kemampuan di dalam memenuhi kewajiban jangka pendek di sebuah perusahaan.

Itulah sedikit informasi yang saya sampaikan mengenai latar belakang. Mulai dari pengertian latar belakang dan contoh latar belakang yang baik dan benar. Semoga apa yang disampaikan kali ini menambah ilmu dan menambah wawasan bagi anda. Terima Kasih.

/* */