Contoh Proposal Pameran Seni Rupa di Sekolah

Seni rupa merupakan suatu bidang seni yang melatih siswa untuk memperhalus rasa dan karsa melalui coretan grafis yang memadukan sketsa dan warna. Dalam rangka mengenalkan siswa dengan seni rupa, pameran seni rupa diselenggarakan. Guna memperlancar acara, contoh proposal pameran seni rupa di sekolah biasanya dicari.

Dengan adanya proposal, agenda acara yang diselenggarakan akan menjadi jauh lebih jelas. Mengenai contohnya seperti apa, berikut kami berikan informasinya. Informasi ini akan sangat penting khususnya bagi Anda yang sedang mencari contoh proposal pameran seni rupa di sekolah. Cek dulu yuk!

Contoh Proposal Pameran Seni Rupa di Sekolah

Contoh proposal pameran seni rupa di sekolah bisa Anda lihat dengan mengklik file berikut ini :

Pameran seni rupa yang diselenggarakan di sekolah memiliki berbagai macam tujuan, seperti :

Tujuan kemanusiaan

Pameran seni rupa yang diselenggarakan untuk kepentingan kemanusiaan biasanya memiliki tujuan sosial. Jika memang diselenggarakan dengan adanya sumbangan dana di dalam pameran maka semua hasilnya akan didonasikan untuk kepentingan kemanusiaan.

Biasanya pameran yang dihadirkan untuk tujuan kemanusiaan nanti hasilnya akan diberikan sebagai sumbangan untuk korban bencana alam, sumbangan panti asuhan, sumbangan panti jompo dan sejenisnya.

Pameran seni rupa untuk tujuan komersial

Hasil dari pameran seni rupa yang diselenggarakan untuk tujuan komersial biasanya keuntungannya untuk seniman yang menyelenggarakan pameran tersebut. Jadi pameran yang diselenggarakan memang murni untuk mendatangkan keuntungan atau menjual habis karya seni yang sudah dihasilkan para seniman.

See also  55 Tebak-tebakan Lucu Lengkap Plus Jawaban Update 2020

Sebagai fasilitas pembelajaran

Biasanya contoh proposal pameran seni rupa di sekolah yang banyak dibuat menerangkan fungsi dan tujuan ini. Pameran berkedudukan untuk mendidik pelajar atau siswa tentang semua hal yang berkaitan dengan kesenian.

Memfasilitasi animo

Pameran yang diselenggarakan berperan untuk mengeluarkan suatu ide dan gagasan siswa peserta pameran, guru atau seniman yang terlibat.

Proses animo dalam kegiatan pameran dibedakan menjadi dua yaitu animo aktif dan animo pasif. Semuanya sama – sama memberikan kontribusi dalam penilaian hasil karya yang dipertontonkan dalam pameran yang dilangsungkan.

Sebagai fasilitas prestasi

Pameran seni rupa yang diselenggarakan di sekolah dihadirkan untuk memberikan apresiasi kepada para seniman atau siswa yang memang mampu menghasilkan karya seni yang bagus dan layak dipertontonkan.

Diharapkan apresiasi yang diterima oleh siswa tersebut lebih banyak sehingga ia akan lebih semangat lagi dalam berkarya dan mengembangkan skillnya.

Sebagai fasilitas wisata untuk pengunjung pameran

Banyak pameran seni rupa di sekolah yang diselenggarakan tidak hanya untuk dihadiri oleh siswa saja melainkan juga dihadiri wali murid dan bahkan masyarakat umum. Tujuannya salah satunya untuk memberikan rekreasi melalui karya yang dipertontonkan.

Karya seni rupa yang dipamerkan juga bersifat heterogen artinya berasal dari berbagai tipe dan karakter seni rupa. Pameran semacam ini pada dasarnya hadir untuk menghidupkan suatu hasrat seni bagi pelajar dan semangat belajar sekaligus menjadi media komunikasi antara seniman dengan pengunjung atau penonton.

Biasanya kalau di lingkungan sekolah, pameran seni rupa yang diselenggarakan dilakukan di akhir semester pertama atau di hari kelulusan.

Baca Juga : Contoh Proposal Kegiatan Pensi Sekolah

Anda yang berniat untuk menyelenggarakan pameran seni rupa bisa simak dulu contoh proposal pameran seni rupa di sekolah yang sudah disampaikan di atas. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan sekaligus memberikan inspirasi.

See also  Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Word

Leave a Reply

Your email address will not be published.