Pengertian Endemi Adalah dan Perbedaannya

Endemi adalah hal yang berbeda dengan pandemi. Ya, mungkin selama ini kita lebih sering mengenal istilah pandemi. Lantas, endemi itu apa sih?Ada bedanya endemi dengan pandemi? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap khusus untuk Anda!

Endemi Adalah

Endemi Adalah
Endemi Adalah

Secara harfiah, endemi adalah suatu penyakit menular yang menjangkit suatu daerah atau terjadi pada suatu golongan masyarakat. Merujuk pada pengertian di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), endemi memiliki nama lain hawar.

Jadi, hawar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai musim penyakit yang menular. Biasanya kondisi ini terjadi pada penduduk atau manusia, bahkan terjadi juga pada binatang ternak.

Perbedaan Endemi dan Pandemi

Perbedaan Endemi dan Pandemi
Perbedaan Endemi dan Pandemi

Sebelum kita membahas perbedaannya, Anda perlu tahu juga pengertian pandemi terlebih dahulu. Pandemi merupakan suatu wabah yang menjangkit di suatu wilayah geografi dalam cakupan luas. Bahkan tidak hanya di suatu negara bahkan bisa terjadi secara bersamaan di berbagai negara sekaligus.

Di Indonesia dan bahkan beberapa negara di dunia, cukup populer pandemi covid-19 yang bahkan sampai melumpuhkan ekonomi dunia dan menyebabkan banyak orang meninggal dunia dan terpapar wabah tersebut.

Lebih jelasnya tentang perbedaan pandemi dan endemi adalah sebagai berikut :

Endemi merupakan wabah yang terjadi dalam cakupan kecil

Jadi kalau dilihat dari cakupannya, ruang lingkup cakupan endemi terhitung kecil. Sewaktu endemi terjadi, peningkatan jumlah kasus juga terjadi secara signifikan namun berbatas dengan wilayah tertentu.

See also  Soal Mengenal Biologi Sebagai Ilmu

Ketika endemi terjadi, tingkat pertama keparahan suatu penyakit dapat diamati berdasarkan populasi, lingkungan atau wilayah. Ketika endemi terjadi pada suatu wilayah, belum tentu wilayah tertentu juga akan mengalaminya karena tidak memiliki keterkaitan populasi atau lingkungan dengan wilayah yang sedang mengalami endemi tersebut. Sebagai contoh terjadinya wabah malaria di suatu daerah, demam berdarah dan sebagainya yang belum tentu terjadi pada daerah lainnya.

Pandemi memiliki karakteristik yang terjadi dalam cakupan besar dan diluar kendali

Pandemi tidak hanya terjadi pada suatu cakupan wilayah karena biasanya penularannya tidak bisa dikendalikan. Penyakit atau virus yang menyebar karena pandemi bahkan bisa terjadi di banyak negara sekaligus dan berlangsung secara berkelanjutan dalam jumlah besar.

Status pandemi sendiri ditetapkan ketika suatu penyakit menyebar dalam skala global dan bahkan internasional. Salah satu contoh pandemi yang paling populer belakangan ini dan bahkan memakan banyak korban jiwa di berbagai negara adalah covid-19.

Namun sebelum pandemi covid-19 terjadi, sebelumnya juga sudah ada penyakit yang berstatus pandemi seperti flu spanyol, flu burung, dan sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.