7 penyakit yang disebabkan oleh virus

Penyakit yang disebabkan oleh virus – Virus yang menyerang manusia dapat menimbulkan penyakit. Ada berbagai macam virus yang menyebabkan penyakit pada manusia. Berikut ini adalah 7 jenis penyakit yang disebabkan oleh virus.

1. Penyakit Influenza

Influenza disebabkan oleh virus. Virus yang menyebabkan influenza berbentuk bulat. Tanda-tanda seseorang terserang influenza yaitu timbulnya ingus, nafsu makan berkurang, nyeri otot, demam, dan suhu badan naik. Vrius ini menyerang saluran pernapasan bagian atas. Terdapat kurang lebih 190 jenis virus yang menyebabkan influenza. Oleh karenanya, apabila seseorang sudah sembuh dari influenza, ada kemungkinan orang tersebut terserang lagi oleh virus influenza lainnya.

Virus influenza bisa dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, banyak makan buah dan sayur bervitamin C, olahraga cukup, dan mengusahakan agar tubuh tetap sehat.

2. Penyakit Polio

Polio seringkali menyerang anak-anak. Gejala polio berupa demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, tenggorokan terasa sakit, mengantuk, dan tulang leher dan tulang belakang terasa kaku.

Apabila virus polio menyerang selaput otak dan mengakibatkan kerusakan pada sel saraf otak depan, maka dapat mengakibatkan kelumpuhan.

3. Penyakit Cacar

Virus cacar menyerang manusia melalui bagian atas saluran pernapasan dan menyebar ke dalam tubuh melalui darah. Virus lalu berhenti di dalam kulit dan menyebabkan gelembung-gelembung datar berukuran kecil. Jika gelembung tersebut pecah, maka akan menyebabkan bopeng pada tubuh.

Gejala cacar berupa demam, suhu badan panas dingin, sakit punggung, sakit kepala, menggigil, dan lesu. Cacar dapat menular melalui kontal secara langsung dengan sumber virus, seperti baju, handuk, seprai, dan selimut.

Pemberian vaksin dapat dilakukan untuk mencegah penyakit cacar. Pemberian vaksin ini dapat memberikan kekebalan terhadap penyakit cacar yang sesungguhnya.

4. Penyakit Rabies

Penyakit anjing gila atau rabies merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem saraf pusat. Virus ini bisa menyerang semua hewan berdarah panas, misalnya anjing, kucing, dan serigala. Penularan penyakit ini yaitu melalui gigitan hewan yang terkena infeksi. Selain menyerang hewan, virus ini juga dapat menyerang manusia. Adapun gejalanya berupa ketakutan terhadap air (hidrofobia), demam, lesu, tertawa tanpa sebab, sakit kepala, lumpuh, dan gugup. Pemberian vaksin rabies dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini.

5. Penyakit Ebola

Penyakit ebola disebabkan oleh virus ebola. Virus ini hanya menyerang manusia dan kera saja. Pada mulanya virus ebola menginfeksi fibroblas dan makrofag. Kemudian virus ini menyebar ke seluruh jaringan tubuh beserta jaringan ikat yang berada di bawahnya. Setelah seminggu, orang yang terkena virus ebola dapat mengalami pendarahan dalam tubuhnya dan mengalami kerusakan hati dan ginjal. Kondisi ini menyebabkan sakit kepala, demam, dan kelelahan. Setelah itu, penderita dapat mengalami penggumpalan darah dan pendarahan, baik pendarahan dalam maupun pendarahan luar. Apabila kondisi tersebut sudah terjadi, dapat menyebabkan kematian.

6. Penyakit Demam berdarah (DB)

Demam berdarah disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Virus Dengue yang menyerang tubuh manusia dapat menyebabkan jumlah trombosit (pembeku darah) menurun. Penderita DB yang telah parah dapat mengalami pendarahan pada organ-organ tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Adapun gejala awal DB berupa demam tinggi, sakit kepala, mimisan, muncul bercak merah (khususnya pada lekukan tubuh), dan terkadang disertai mual dan muntah.

7. Penyakit Gondong

Gondong disebabkan oleh virus RNA yang menyerang otak, jantung, pankreas, dan kelenjar parotid.

Umumnya, serangan virus pada kelenjar parotid mengakibatkan bengkak pada bagian belakang telinga. Orang yang pernah terinfeksi virus tersebut mempunyai imunitas terhadap gondong.

Itulah sejumlah penyakit yang disebabkan oleh virus. Selain itu, masih banyak lagi penyakit-penyakit lainnya akibat serangan virus.

referensi: Biologi 1. Oleh: Ari Sulistyorini

Leave a Comment