Transverse wave examples

Transverse wave examples (Contoh gelombang transversal) – Gelombang digambarkan sebagai gangguan yang melakukan perjalanan melalui media dari satu lokasi ke lokasi lain. Jalan gelombang mencerminkan pergerakan energi ke depan; tidak ada pergerakan materi. Media hanya bergerak naik dan turun dalam gelombang melintang. (Bolak-balik dalam gelombang memanjang). Energi mengekspresikan dirinya dalam lambang dan palung, dengan panjang gelombang mendefinisikan ruang antara dua lambang atau palung.

Gelombang transversal adalah gelombang di mana partikel media, jika ada, bergerak ke arah tegak lurus dengan arah bahwa gelombang bergerak. Gelombang transversal selalu ditandai dengan gerakan partikel yang tegak lurus dengan gerakan gelombang.

Transverse wave examples (Contoh gelombang transversal)

Transverse wave examples
Transverse wave examples

Di sini pembentukan lambang dan palung terjadi. Polarisasi gelombang transversal dimungkinkan.

Misalnya jika gelombang bergerak ke arah x maka osilasi akan terjadi di bidang y’z seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Gelombang di lautan mewakili gelombang transversal yang berdampak pada media tegak lurus dengan arah perjalanan mereka. Gelombang laut berjalan di permukaan air, memaksa air turun di sepanjang jalan mereka. Sebuah perahu di laut hanya bob naik dan turun ketika ada ombak dan tidak terbawa ombak.

Gelombang elektromagnetik adalah contoh lain dari gelombang transversal. Perubahan berkala terjadi di medan listrik dan magnet. Gelombang cahaya melintasi spektrum elektromagnetik, pada sudut kanan untuk bergetar medan listrik dan magnet.

Ada berbagai contoh gelombang transversal, yaitu :

  1. gelombang cahaya
  2. Gelombang penonton
  3. Gelombang sekunder dan magnetik
  4. Gelombang radio
  5. Gelombang televisi
  6. Gelombang suara dalam gas dan cairan
  7. Gelombang permukaan
  8. Gelombang cahaya yang terlihat
  9. Gelombang air
  10. Gelombang S
  11. Gelombang ultraviolet
  12. Senar gitar yang bergetar
  13. Melakukan ‘gelombang’ di stadion adalah contoh lain.
  14. Sinar Gamma
  15. Sinar x juga elektromagnetik
  16. Radio dan microwave
  17. Panas

Gelombang elektromagnetik – radio, TV, ponsel, cahaya, sinar-X, sinar gamma, dll.

Jika ini tidak cukup ‘dunia nyata’ untuk Anda, cobalah mengikat salah satu ujung tali panjang ke pos atau kait di dinding, dan kemudian pegang ujung tali dengan erat sehingga tali membentang secara horizontal antara Anda dan pos (tanpa menyentuh tanah di antaranya). Sekarang gerakkan tanganmu memegang ujung tali, ke atas dan ke bawah. Apa yang Anda lihat? Gelombang gerakan berjalan di sepanjang tali dari tangan Anda ke pos (dan pada malam hari harus merefleksikan kembali ke arah Anda) – itu adalah gelombang transversal. Gelombang pada senar gitar atau biola hanyalah gelombang transversal seperti itu, tetapi gerakan mereka terlalu cepat bagi Anda untuk melihat dengan benar. Suara yang mereka buat sampai ke Anda melalui udara melalui gelombang memanjang. Karena udara tidak dapat menyebarluaskan gerakan geser gelombang transversal. Namun suara dalam media padat cenderung menjadi campuran kompleks memanjang, melintang, dan mengkudongan keduanya.

Gelombang di permukaan tampilan terlihat seperti gelombang transversal – permukaan laut bergerak naik dan turun sementara gelombang merambat secara horizontal – tetapi pada kenyataannya mereka adalah gabungan gelombang melintang & amp; memanjang: air benar-benar bergerak dalam semacam gerakan elips di bidang arah vertikal & arah horizontal dari propagasi gelombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *