Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab

Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab – Dalam hidup di dunia ini, mengucapkan kata seperti “terima kasih” adalah salah satu kata yang sederhana namun memiliki banyak arti. Dimana orang tersebut mengucapkan terima kasih kepada seseorang, maka seseorang yang menerima ucapan tersebut akan merasa dihargai sebagai sesama manusia. Kemudian dua orang dalam menjalin hubungan sosial yang baik.

Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab

Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab
Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab

Untuk ucapan terima kasih ini merupakan ungkapan rasa syukur atas segala kebaikan dan berkah yang telah diterima sebagai ungkapan kepada seseorang yang telah memberikan kebaikan tersebut. Rasa syukur atau ungkapan rasa syukur ini bisa dilakukan kepada sesama manusia sebagai tanda wujud hablun min an-naas, dan juga hakikat Allah SWT. Dalam mengucapkan terima kasih, kita sering mendengar dari seseorang yang telah ditolong atau sebaliknya, kita mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah membantu atau berbuat baik.

Syukur merupakan wujud rasa syukur yang diungkapkan kepada seseorang yang telah melakukan kebaikan untuknya. Dalam mengucapkan terima kasih, kita akan sering menerima balasan seperti “cinta kembali” atau “sama-sama”. Arti syukur yang artinya syukur juga sedikit sama dengan ucapan terima kasih dalam bahasa Arab (syukron). Jika dalam bahasa Arab jawaban dari kata “syukron” adalah dengan menjawab kata “afwan” yang memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia yaitu sama sama.

Selain itu, ada pula bahasa Arab dari ucapan terima kasih lainnya seperti “jazakumullah khairan” yang berarti dalam huruf hijaiyah ucapan terima kasih kepada semua orang, baik laki-laki atau perempuan atau orang banyak. Namun jika ingin mengucapkannya khusus untuk pria atau wanita pelafalannya juga sedikit berbeda, yaitu kata ‘ka’ dan ‘ki’ berbeda. Jadi terima kasih dalam bahasa Arab pria bisa mengucapkan “Jazakallah Khairan” dan untuk wanita mengucapkan “Jazakillah Khairan”. Sebenarnya, makna sebenarnya dari Jazakumullah Khairan adalah semoga Allah SWT membalas Anda dengan kebaikan juga.

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar beberapa orang menambahkan kata “katsira” yang artinya banyak. Sehingga bila digabungkan menjadi “Jazakumullah Khairan Khatsira” yang artinya semoga Allah SWT membalas budi dengan banyak kebaikan juga. Mungkin dalam bahasa Indonesia sama dengan mengucapkan kalimat “terima kasih banyak”. Bagi pendengar kalimatnya mungkin lebih padat, namun sebagai seorang muslim yang taat dalam mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, pengucapan yang benar adalah tanpa menambahkan kata ‘katsira’ yang hanya “Jazakumullah khairan”. Karena mengatakan sesuatu secara berlebihan juga buruk seperti mengucapkan terima kasih dengan menambahkan kata ‘banyak’.

Dengan kata terima kasih juga dalam berbicara bahasa Arab membuat satu sama lain hidup damai, rukun, tolong bantu dan saling menghormati. Karena dalam Islam juga dianjurkan untuk saling membantu dalam menjalani kehidupan yang seimbang. Manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, ucapan mohon, maaf, dan terima kasih sangat berarti yang sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apa hukum mengucapkan terima kasih dalam Islam?

Dalam Islam selalu mengajari kita untuk selalu berbuat baik, selama tidak melanggar larangan atau perintah Allah SWT, maka hal itu bisa kita lakukan. Namun, dalam mengucapkan terima kasih kepada sesama Muslim, dianjurkan untuk menggunakan kata-kata “Jazakallah khairan” untuk pria atau “Jazakillah khairan” untuk wanita. Kata terima kasih memang memiliki arti yang sama, namun dalam bahasa Indonesia kata terima kasih hanya memiliki arti rasa syukur yang diungkapkan untuk menghargai kebaikan seseorang. Dalam arti lain tidak ada doa dalam kata itu. Namun jika anda menggantinya dengan kata Jazakallah khairan, maka anda akan langsung bersyukur dan mendoakan bagi yang telah melakukan kebaikan ini. Namun secara hukum mengucapkan terima kasih tidak dilarang, namun tetap diperbolehkan untuk mengucapkan terima kasih. Namun, akan lebih baik jika Anda mulai mengganti kata tersebut dengan kalimat Arab.

Demikian ulasan kami mengenai Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *