Apakah Anda sudah Tahu Tentang Bea Cukai STAN

Apakah Anda sudah Tahu Tentang Bea Cukai STAN – Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan jurusan yang unik dan prospek kerja yang tinggi? Bea dan Cukai adalah pilihan paling tepat untuk Anda. STAN merupakan kampus yang memiliki jurusan ini, jadi bisa memilih kampus resmi yang satu ini. Jurusan yang tak kalah populer dengan Akuntansi dan Perpajakan ini memang layak menjadi pilihan. Intip informasi lengkap STAN Customs di bawah ini!

Bea Cukai STAN

Bea Cukai STAN
Bea Cukai STAN
  1. Tentang Kepabeanan

Tahukah Anda bahwa nama istilah Bea dalam dunia perpajakan berasal dari bahasa Sansekerta? Arti dari kata ini adalah fee yang mengacu pada biaya yang harus dibayar untuk membayar biaya barang yang masuk atau keluar suatu negara. Istilah bea masuk untuk biaya barang yang masuk ke suatu negara dan bea keluar untuk biaya barang yang meninggalkan negara tersebut. Hal ini diatur dan dilaksanakan oleh Badan Pabean, sehingga membutuhkan lulusan dari Bea dan Cukai.

  1. Mengenal Cukai

Jika bea adalah biaya barang yang masuk dan keluar suatu negara, bagaimana dengan bea cukai? Cukai memiliki arti pungutan yang dibebankan oleh negara kepada konsumen secara tidak langsung. Beberapa objek cukai yang dinikmati konsumen adalah cukai hasil tembakau (rokok dan produk lainnya, etil alkohol, serta minuman yang mengandung alkohol atau minuman keras. Masyarakat mungkin lebih mengenal cukai rokok yang ditandai dengan stempel cukai.

  1. Tempat Kuliah Departemen Bea dan Cukai

Kampus pusat STAN berada di Tangerang Selatan dan Badan Diklat Keuangan tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Untuk tіga jurusan laіnnya, perkulіahan dіlaksanakan dі kampus pusat yang sedіkіt berbeda dengan Bea dan Cukaі STAN. Program studi D3 Bea dan Cukai berlokasi di Rawamangun, Jakarta Pusat. Prodi D1 Bea dan Cukai ini sedikit berbeda karena terletak di BDK di beberapa wilayah di Indonesia.

  1. Kuliah Semi Militer
See also  Kuota Gratis dari Pemerintah

Jika Anda tertarik dengan bagian Bea dan Cukai, tentunya Anda harus siap untuk selalu hadir secara fisik. Hal ini dikarenakan prosedur yang digunakan selama proses perkuliahan bersifat semi militer. Selaіn іtu, mahasіswa jurusan satu іnі juga dіtuntut untuk selalu berprestasі dan mampu mempertahankan nіlaі dі setіap semesternya. Kursus semi militer ini dilaksanakan karena kebutuhan akan kondisi fisik yang prima untuk penempatan kerja di tempat yang cukup berbahaya.

  1. Pelajaran yang Cukup Beragam

Tugas utama Bea dan Cukai adalah menjaga titik-titik perbatasan yang kemungkinan besar menjadi lokasi penyelundupan. Oleh karena itu materi perkuliahan yang diperoleh Bea dan Cukai STAN juga sangat beragam, mulai dari hukum, pajak, hingga materi tentang hal-hal yang tidak boleh masuk ke Indonesia. Selain itu, mahasiswa jurusan Bea dan Cukai harus memahami bahan kimia dan logam untuk mengantisipasi hal-hal di lapangan.

  1. Ketentuan Khusus untuk Masuk ke Bea dan Cukai

Tahukah Anda bahwa menjadi mahasiswa Bea dan Cukai itu tidak mudah. Ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi agar bisa lulus ujian SPMB. Persyaratan khusus ini hanya berlaku untuk jurusan Bea dan Cukai, tiga jurusan lainnya di PKN STAN tidak ada persyaratan khusus. Pelamar harus memenuhi standar tinggi yang telah ditentukan, tidak cacat fisik, tidak buta warna, dan untuk penderita rabun jauh, dekat atau silinder maksimal hanya 2 Dioptri.

  1. Tes Kesehatan dan Kebugaran yang Sangat Penting

Telah disebutkan sebelumnya bahwa mata kuliah yang diterapkan di Departemen Bea dan Cukai STAN bersifat semi militer. Oleh karena itu, sangat penting bagi mahasiswa untuk memiliki tubuh yang prima. Dalam tahap tes kesehatan dan kebugaran ini, Anda harus memiliki skor yang memuaskan agar bisa bersaing dengan calon pelamar lainnya. Kuasai push up, kelincahan lari, sit up, lari selama 12 menit, dan periksa kondisi kesehatan Anda.

  1. Penempatan Kerja
See also  Jurusan kuliah yang menjanjikan di era digital

Bea dan Cukai memang menangani barang masuk dan keluar. Lulusan dari kampus bergengsi ini bisa ditempatkan dengan prospek yang sangat bagus yaitu di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selanjutnya mahasiswa jurusan ini akan bekerja di bandara, kantor pusat, pelabuhan, dan kantor perkantoran yang berada di daerah perbatasan. Anda juga dapat dіtempatkan dі perbatasan antar negara yang membutuhkan ahlі bea dan cukaі.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *