Berbagai Jurusan Kedokteran Spesialis

Jurusan Kedokteran Spesialis – Dokter adalah profesi yang mulia. Dokter adalah orang di bidang kesehatan yang tugasnya mendiagnosis penyakit pada pasien dan melakukan tindakan penyelamatan. Dokter adalah orang yang pernah belajar kedokteran, lulus ujian sertifikasi kedokteran dan praktek di rumah sakit. Untuk menjadi seorang dokter membutuhkan proses yang sangat panjang dan tentunya membutuhkan banyak waktu, tenaga, pemikiran, dan biaya. Seorang mahasiswa kedokteran yang telah lulus fakultas kedokteran belum tentu bisa menjadi dokter yang merawat pasien. Ada banyak ujian dan sertifikasi yang harus dilalui. Setelah diangkat menjadi dokter dan mengambil sumpah dokter, ia resmi menjadi dokter umum.

Berbagai Jurusan Kedokteran Spesialis

Jurusan Kedokteran Spesialis
Jurusan Kedokteran Spesialis

Apa itu dokter umum? Istilah ini merujuk pada dokter yang bertugas menangani masalah kesehatan umum. Dokter umum bertugas memberikan pencegahan agar keadaan tidak bertambah parah, membuat diagnosa, dan beberapa terapi awal. Setelah melakukan proses diagnosis, jika situasinya semakin parah, dokter umum dapat menghubungi dokter spesialis.

Spesialis adalah dokter yang mengkhususkan diri pada penyakit tertentu. Seorang dokter spesialis akan dipanggil jika diagnosis mengacu pada spesialisasi bidang di mana dia mengkhususkan diri. Menjadi dokter spesialis membutuhkan waktu lebih lama daripada dokter umum. Setelah resmi menjadi dokter umum, seorang dokter dapat melanjutkan jenjang pendidikannya sesuai dengan spesialisasi yang diinginkan. Dokter yang telah mengikuti program pendidikan spesialis ini disebut dokter spesialis. Ada banyak departemen medis spesialis di Indonesia. Hal ini terkait dengan fokus pada bidang kesehatan yang ditekuni.

Jurusan Kedokteran Spesialis

Ada beberapa jurusan kedokteran yang bisa diambil oleh seorang dokter saat menempuh program spesialisasi. Salah satu jurusan peminatan yang dapat diambil adalah dokter spesialis penyakit dalam. Ada beberapa spesialisasi penyakit dalam seperti spesialis kardiovaskuler, pulmonog, dan endokrinologi. Dokter spesialis kardiovaskular adalah dokter yang menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Dokter yang berspesialisasi di bidang kardiovaskular disebut ahli jantung.

Sekolah kedokteran spesialis lainnya adalah spesialis masalah paru. Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan paru-paru disebut ahli paru. Masalah kesehatan paru-paru dapat dikaitkan dengan penyakit yang sering menyerang paru-paru seperti pneumonia, kanker paru-paru, dll. Sementara itu, spesialisasi penyakit dalam juga berhubungan dengan ahli endokrin. Seorang dokter yang merupakan ahli endokrinologi disebut ahli endokrin. Dokter mempelajari berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelenjar endokrin seperti hormon yang diproduksi yang dapat menghasilkan beberapa penyakit seperti sindrom cushing, dll.

Departemen medis mengkhususkan diri pada Telinga, Hidung dan Tenggorokan atau yang disebut THT. Dokter spesialis THT akan menangani berbagai macam masalah kesehatan yang merelakan ketiga bagian tubuh tersebut. Bagian THT merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Kesehatan mulut dan gigi juga menjadi salah satu jurusan kedokteran spesialis yang banyak terdapat di Indonesia. Dokter gigi tidak hanya mementingkan kesehatan mulut, tetapi juga saraf yang berkaitan dengan gigi seperti otot kepala, leher, rahang, dll. Sekolah kedokteran yang menangani berbagai macam masalah kesehatan wanita disebut ginekologi. Seorang dokter spesialis ginekologi disebut ginekolog. Mereka mengobati segala macam masalah kesehatan seperti kesehatan rahim, kehamilan, dll.

Jurusan Kedokteran spesialis juga berisi tentang kondisi kesehatan tulang. Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan tulang disebut ortopedi. Dokter ortopedi menangani masalah kesehatan pada persendian, ligamen, otot, saraf, dll. Sementara itu, jurusan kedokteran spesialis juga mencakup dokter spesialis anak. Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan anak-anak disebut pediatri. Dokter spesialis anak akan menangani berbagai masalah kesehatan anak seperti kelainan genetik, cacat bawaan, kasus trauma pada anak, dll.

Psikiater adalah spesialis yang menangani masalah kejiwaan. Psikiater akan menangani beberapa gejala yang muncul, memberikan diagnosis, dan menerapkan berbagai tindakan pengobatan. Sekolah kedokteran lain yang ada adalah ahli kulit dan alat kelamin. Spesialis di bidang ini akan menangani berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan masalah kulit dan genital seperti penyakit kulit, kuku, rambut, kelenjar minyak dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *