Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting – Pendidikan tidak menentukan rezeki seseorang, akan tetapi pendidikan sangat erat kaitannya dengan kesuksesan karir seseorang. Katakanlah seorang ahli komputer. Meskipun ia sangat pandai bekerja dengan komputer, tanpa pendidikan formal, orang ini hanya akan tetap pada posisinya saat ini dan tidak akan dapat melamar kerja yang lebih baik. Oleh karena itu, alasan mengapa kuliah sangat diperlukan untuk menjamin masa depan ada di ulasan berikut ini.

Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting
Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

Mendapat pendidikan berarti mendapat tambahan ilmu dalam hidupnya. Orang yang terpelajar tentunya akan memiliki sikap yang jauh lebih beradab dibandingkan orang yang sama sekali tidak mengetahui pendidikan. Salah satu cara untuk mendidik diri sendiri adalah melalui ceramah. Bukan berarti mereka yang tidak kuliah tidak akan sukses, tapi setidaknya dengan kuliah, pintu menuju sukses akan terbuka lebih lebar daripada mereka yang tidak.

Berbicara tentang peluang dan prospek, memang di Indonesia yang menyandang gelar Diploma dan Sarjana dianggap lebih ahli dalam suatu bidang pekerjaan. Apalagi saat ini banyak profesi yang mengharuskan pencari kerja memiliki minimal gelar Diploma dan Sarjana. Untuk itu suka tidak suka mereka yang hanya lulusan SMA pasti akan tersingkir meski sudah sangat terampil. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk kuliah. Berikut beberapa alasan mengapa menempuh kuliah itu sangat penting, yaitu:

  1. Prospek Kerja Lebih Luas

Salah satu alasan utama mengapa perguruan tinggi sangat dibutuhkan adalah karena prospek pekerjaannya yang sangat luas. Mereka yang lulus kuliah tentunya akan mampu bersaing di banyak tempat yang hanya lulusan SMA / SMK yang tidak bisa menjangkau mereka.

  1. Banyak Perusahaan Tidak Mencari Lulusan Sekolah Menengah Atas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, banyak perusahaan saat ini membutuhkan setidaknya gelar Diploma dan Sarjana untuk lowongan pekerjaan mereka. Meski profesinya hanya sebagai Customer Service, setidaknya saat ini banyak sekali gelar Diploma dan Sarjana yang standar kualitas pemberi kerja semakin meningkat.

  1. Dapat Ilmu yang Bermanfaat

Tujuan dari perguruan tinggi bukanlah untuk meraih kesuksesan dengan gelar yang Anda dapatkan, tetapi mendapatkan ilmu yang cukup untuk meraih kesuksesan itu sendiri. Karena itu, pola pikir Anda untuk kuliah harus diubah. Perguruan tinggi adalah saat dimana anda bisa mendapatkan ilmu yang sangat berguna dan anda yang bisa melanjutkan kuliah harus sangat bersyukur nantinya.

  1. Meningkatkan Kompetensi Diri

Dengan segala ilmu yang didapat dari perguruan tinggi, Anda dapat meningkatkan kompetensi diri dan bersaing dengan banyak pencari kerja lainnya. Padahal, Anda bisa memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat bisnis dan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

  1. Banyak Pengalaman

Selain itu, kuliah juga akan membuat Anda mendapatkan banyak pengalaman berharga. Tentunya pengalaman seperti presentasi, magang, seminar, dan KKN tidak akan didapatkan oleh yang tidak kuliah. Meski banyak di antara mereka yang mencibir saat ulama juga menganggur, tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman mahalnya 4 tahun kuliah. Tentu ini akan membangun karakter Anda.

  1. Lebih Mampu Memecahkan Masalah

Dengan kuliah, karakter Anda akan terbangun dan Anda bisa menjadi seseorang yang lebih visioner dan bijak. Selain itu, Anda juga akan mampu mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh dosen Anda selama di bangku kuliah.

Baca juga : Daftar Nama Universitas di Solo

  1. Banyak Relasi

Perguruan tinggi juga memberi Anda banyak kenalan. Artinya, banyak relasi akan meningkatkan peluang kerja Anda dan nantinya rejeki Anda akan semakin terangkat. Selain itu, perkuliahan juga dapat memberikan Anda banyak karakter sehingga Anda dapat lebih memahami bagaimana sosialisasi yang baik ketika di masyarakat atau di lingkungan yang lebih profesional.

See also  TUGAS PEMBANTU LAUT GRED A19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *