Cara Menghadapi Tes ATKP Agar Diterima

Cara Menghadapi Tes ATKP Agar Diterima – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau ATKP telah berdiri sejak tahun 1989 yang tersebar di tiga kota besar di Indonesia yaitu di Surabaya, Makassar dan Medan. Ketiga ATKP tersebut menjadi pusat pendidikan akademi atau politeknik terkait penerbangan yang secara resmi dimiliki oleh pemerintah di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

ATKP merupakan sekolah penerbangan terbaik di Indonesia saat ini yang telah menghasilkan lulusan terbaik di bidang penerbangan yang telah terjun langsung dan berkarya sesuai bidangnya masing-masing di dunia penerbangan. ATKP juga memiliki akreditasi yang sangat baik yaitu memiliki akreditasi A dari BAN-PT yang artinya memiliki sarana, prasarana dan prasarana serta mahasiswa yang kompeten dan memadai.

Cara Menghadapi Tes ATKP Agar Diterima

Cara Menghadapi Tes ATKP Agar Diterima
Cara Menghadapi Tes ATKP Agar Diterima

Jurusan di ATKP

Sebagai akademi teknik dan keselamatan penerbangan pertama dan satu-satunya di Indonesia, tentunya ATKP ini memiliki banyak bidang studi yang bisa dipelajari oleh calon taruna. Banyak bidang studi yang bisa dipilih sesuai dengan minat calon taruna, karena ATKP menyediakan beberapa pilihan program studi. Beberapa program studi yang ada di ATKP adalah sebagai berikut.

  • Program Diploma I meliputi: Bidang studi Basic Air Traffic Services (BATS), kemudian ada juga Pendidikan Dasar Teknik Radio Bandara dan Pendidikan Dasar Teknik Elektro bandara.
  • Program Diploma II meliputi: Regulator Komunikasi Penerbangan, Lalu Lintas Udara, Regulator Teknik Radio Bandara dan ada juga Regulator Teknik Elektro bandara
  • Program Diploma III meliputi: pembinaan lalu lintas udara, teknik navigasi udara dan teknik kelistrikan bandar udara

Selain Diploma I, Diploma II dan Diploma III, ATKP juga menyediakan mata kuliah atau short course yang bisa dipilih sesuai keinginan dengan berbagai materi perkuliahan yang tentunya berkaitan dengan dunia penerbangan dan menambah skill kamu di bidang penerbangan yang berguna untuk menunjang profesi Anda dengan memiliki sertifikat keahlian dari mata kuliah ATKP ini.

Fasilitas ATKP

Seperti PTN lainnya yang telah terakreditasi A dari BAN-PT, ATKP ini juga memiliki berbagai macam fasilitas yang sangat lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Di ATKP terdapat ruang kelas yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar, kemudian laboratorium elektronik, laboratorium komputer dan multimedia, laboratorium CBT (Computer based training), laboratorium bahasa, laboratorium LLU, laboratorium simulator penerbangan, laboratorium listrik, laboratorium mesin listrik, fasilitas praktek penerbangan . keamanan dan pertolongan pertama pada kecelakaan penerbangan serta pemadam kebakaran dan perpustakaan lengkap dengan berbagai buku didalamnya.

Persyaratan masuk ATKP

Untuk persyaratan masuk ATKP persyaratannya sama dengan pada umumnya penerіmaan calon santrі atau taruna, hanya saja karena ATKP merupakan sekolah resmі mіlіk pemerіntah, tentunya banyak persyaratan yang lebіh ketat dan lebіh spesіfіk jіka dіbandіngkan dengan yang laіn. unіversіtas pada umumnya. Syarat utamanya adalah memіlіkі tіnggі dan berat badan yang proporsіonal dengan tіnggі badan mіnіmal 160 cm serta harus sehat jasmanі dan rohanі. Tahap pendaftaran sendіrі, calon taruna dіwajіbkan melakukan pendaftaran terlebіh dahulu dengan melampіrkan berbagaі berkas pendukung, kemudіan ujіan pertama adalah ujіan untuk menentukan calon taruna dapat lulus atau tіdak ke tahap selanjutnya. Jіka lulus bersіap-sіap untuk ujіan tahap selanjutnya, namun jіka tіdak lulus dіpastіkan calon taruna tіdak memenuhі kualіfіkasі.

Tips lulus tes ATKP

Menjadi calon taruna ATKP tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang bisa masuk dan lulus tes ATKP. Seleksі yang sangat ketat dengan banyaknya tes dі dalamnya, menjadіkan ATKP sangat selektіf dalam memіlіh calon taruna dan hanya menerіma sedіkіt mahasіswa pada satu angkatan baru. Agar dapat lulus tes ATKP, calon taruna harus rajin dan sungguh-sungguh mempelajari semua pelajaran yang telah dipetik di sekolah menengah atau di pelatihan ATKP karena tes masuk ATKP awal ini merupakan tes umum yang mengasah kemampuan akademik yang membutuhkan nilai yang baik. .

Selanjutnya ada juga tes kesehatan, dalam tes kesehatan ini, memastikan calon taruna menjaga kondisi tubuhnya, makan makanan yang bergizi dan seimbang, cukup tidur dan berolahraga secara teratur, sehingga saat tes kesehatan akan berlalu tanpa catatan apapun. Pastikan calon taruna tidak merokok, tidak memiliki riwayat penyakit infeksi terutama penyakit berbahaya seperti HIV dan AIDS. Selain itu, calon taruna juga dilarang memiliki tato dan tindik atau memiliki bekas tato dan tindikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *