Contoh Recount Text bahasa Inggris

Contoh Recount Text – Recount text merupakan jenis karangan yang biasanya digunakan untuk menulis berita di Koran. Peristiwa yang dimuat adalah peristiwa masa lampau sehingga menggunakan past tense dalam bahasa inggris.

Daftar Isi

Contoh Recount Text

Recount menceritakan apa yang terjadi di masa lampau dengan urutan waktu kejadian. Boleh menceritakan lebih dari satu peristiwa yang masih bersangkutan. Dalam recount text harus dijelaskan kapan terjadinya, siapa saja yang terlibat, dan di mana suatu peristiwa berlangsung.

Jenis-jenis Recount Text :

Recount text mempunyai beberapa jenis teks yang bisa Anda gunakan untuk. Dapat disesuaikan dengan tujuan dari tulisan itu sendiri. Jenis recount text dapat dilihat di bawah ini:

• Personal recount
    Personal recount adalah recount text yang fungsinya menceritakan tentang pengalaman pribadi pengarang/ penulis.
  • Factual recount
    Factual recount adalah recount text yang fungsinya untuk menyajikan laporan kejadian yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan berita di koran/ surat kabar.
  • Imaginative
    Imaginative adalah jenis recount text yang fungsinya menyajikan sebuah cerita imaginatif. Lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

Struktur umum recount text:

• Orientation
    pertama ceritakan mengenai siapa, kapan dan di mana suatu peristiwa terjadi.
  • Events
    Kemudian uraikan kembali masing-masing peristiwa secara detail atau dalam urutan kronologis. Boleh menceritakan peristiwa yang sama secara berulang dalam satu karangan.
  • Reorientation
    Karangan ditutup dengan kesimpulan atau menuliskan kembali kalimat awal dengan redaksi berbeda.

Recount text sering disamakan dengan narrative text. Sejatinya memang recount text ini hampir sama dengan narrative text yaitu berisi cerita mengenai peristiwa masa lampau. Bedanya, dalam narrative text tidak selalu diperlukan fakta-fakta, tempat, serta waktu secara pasti. Sedangkan recount text mengungkapkan kejadian nyata apa adanya sehingga berbentuk berita. Perbedaan lain antara recount dan narrative adalah gaya bahasa yang digunakan. Narrative text lebih kompleks dengan berbagai majas, sedangkan recount text lebih sederhana.

See also  99 Gambar Meme Lucu Bahasa Inggris Gokil Abisss

Ciri-Ciri Recount Text

Recount text mempunyai ciri-ciri khusus, antara lain sebagai berikut:

• Past tense, memakai kata kerja bentuk lampau seperti I saw, we went, we visited, dll.
    Contoh: We went to Bandung last year, I was very happy.
  • Action verbs, yaitu menggunakan kata kerja aksi atau tindakan,
    Contoh: went, bought, wrote, slept, dll.
  • Adverbs, yakni menggunakan kata keterangan, untuk dapat mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
    contohnya last summer, yesterday, happily, beautifully, dsb.
  • Conjunction dan Time Connectives untuk dapat mengurutkan suatu peristiwa atau kejadian.
    Contoh : but, and, after that, dll.

Berikut ini contoh recount text:

My Tour to Kondang Merak Beach

My tour to Kondang Merak Beach started on holiday this semester. We decided to go to Kondang Merak Beach by bus. That was a very fun and exciting tour. Riding bus from my hometown, Yogyakarta, to Kondang Merak Beach, Malang with all my college friends made me feel exited.

The tour to Kondang Merak began early in the morning, at around 03.00 a.m. in the morning. It took almost 12 hours travelling from Yogyakarta to Kondang Merak Beach. There were so many stories that my friends and I got when we were in the tour. For example, there was my friend who lost her purse but finally got it back because of another friend found it and many more. But the stories were so interesting, because it was the first moment that I has ever visited Kondang Merak.

We arrived at Kondang Merak Beach at 02.00 p.m. and we stright to move to the beach. At the beach, we laid down there to stretch our muscle. We also had lunch there by eating some foods that we brought from Yogyakarta. That was very nice moment when we shared our own food to others.

See also  Percakapan Bahasa Inggris Singkat 4 Orang

After we had enough rest, we began to explore Kondang Merak Beach. We started by exploring the beach, and the entire sea with all of my friends. We rented a boat and started our adventure in the sea. Then, we went to dive by renting some diving equipment. We could see many beautiful fish and coral there. We were in Kondang Merak Beach until the sun sets, and then we headed back yo Yogyakarta.

We arrived at Yogyakarta the next morning. That was so exhausting but fun. I will never forget that beautiful moment.

Terjemahan :

Tour saya ke Pantai Kondang Merak

Tour saya ke Pantai Kondang Merak dimulai pada liburan semester ini. Kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Kondang Merak dengan bus. Itu adalah tur yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Naik bus dari kampung halaman saya, Yogyakarta, menuju Pantai Kondang Merak, Malang bersama semua teman kuliah membuat saya merasa terasing.

Tour ke Kondang Merak dimulai pagi-pagi sekali, sekitar pukul 03.00 dini hari. Butuh waktu hampir 12 jam perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Kondang Merak. Ada begitu banyak cerita yang saya dan teman-teman dapatkan saat kami mengikuti tour. Misalnya ada teman saya yang kehilangan dompetnya tapi akhirnya mendapatkannya kembali karena ditemukan teman lain dan masih banyak lagi. Tapi ceritanya sangat menarik, karena itu adalah momen pertama saya mengunjungi Kondang Merak.

Kami sampai di Pantai Kondang Merak pada pukul 14.00. dan kami langsung pindah ke pantai. Di pantai, kami berbaring di sana untuk meregangkan otot. Kami juga makan siang disana dengan menyantap beberapa makanan yang kami bawa dari Yogyakarta. Itu adalah momen yang sangat menyenangkan ketika kami membagikan makanan kami kepada orang lain.

Setelah istirahat yang cukup, kami mulai menjelajahi Pantai Kondang Merak. Kami mulai dengan menjelajahi pantai, dan seluruh laut dengan semua teman saya. Kami menyewa perahu dan memulai petualangan kami di laut. Kemudian, kami pergi menyelam dengan menyewa beberapa alat selam. Kami bisa melihat banyak ikan dan karang yang indah di sana. Kami berada di Pantai Kondang Merak sampai matahari terbenam, lalu kami kembali ke Yogyakarta.

Kami tiba di Yogyakarta keesokan paginya. Itu sangat melelahkan tapi menyenangkan. Saya tidak akan pernah melupakan momen indah itu.

Demikian ulasan kami mengenai Recount Text mudah mudahan dapat bermanfaat.