Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian adat Kalimantan Barat menyimpan makna dan filosofi budaya yang tak bisa diabaikan begitu saja. Terdapat beberapa jenis, simak penjelasannya pada artikel berikut.

Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Barat

Kalimantan Barat menyimpan beragam keunikan yang tentu saja tidak dapat Anda temukan di daerah lain. Salah satunya berkaitan dengan pakaian adatnya. Pakaian adat Kalimantan Barat memang sarat akan nilai budaya dan keunikan. Terdiri atas beberapa jenis, sudahkah Anda memahami perbedaan filosofi masing-masing jenisnya? Jika belum, silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Perkembangan Pakaian Adat Kalimantan Barat

Guna menambah wawasan Anda seputar pakaian adat Kalimantan Barat. Kali ini akan disajikan sejarah perkembangannya baik untuk pakaian adat perempuan maupun laki-laki. Silakan simak infonya di poin-poin berikut ini.

1.      Perkembangan Pakaian Adat Perempuan

Jenis pakaian adat perempuan yang kini telah mengalami modifikasi adalah baju kurung yang banyak digunakan oleh masyarakat Melayu. Baju Kuureng adalah baju kurung versi masyarakat Kalimantan Barat dan kerap digunakan oleh perempuan. Jenis Kuurreng Sapek Tangan memiliki ciri lengan pendek, sedangkan Kuureng Langen Tangan memiliki versi lengan panjang. Adapun penggunaan baju ini kerap dipadupadankan dengan songket khas Melayu untuk acara yang sifatnya formal.

2.      Perkembangan Pakaian Adat Laki-Laki

Sama halnya dengan pakaian adat perempuan, untuk pakaian laki-laki pun mengalami modifikasi. King Kabo merupakan bentuk modifikasi dari pakaian King Baba. Hanya saja King Kabo terbuat dari gabungan kulit kayu dan kain asal Brunei Darussalam yang memiliki nama kain Sungkit. Pakaian tersebut kerap digunakan dalam acara adat Kalimantan Barat dan bisa ditambah pemakaiannya dengan manik-manik.

See also  Menilik Sejarah dan Jenis dari Pakaian Adat Bali

Jenis-Jenis Pakaian Adat Kalimantan Barat

Ada beberapa jenis pakaian adat Kalimantan Barat yang harus Anda pahami. Berikut ini ada sekitar 5 jenis yang akan dijabarkan secara rinci pada poin-poin berikut ini.

1.      Teluk Belanga

Pakaian adat yang kerap digunakan oleh laki-laki dalam suatu acara resmi, adat maupun pernikahan adalah Teluk Belanga. Ciri khas dari pakaian ini adalah warna emas yang identik dengan Kerajaan Melayu. Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatannya adalah satin. Dalam pemakaiannya baju Teluk Belanga akan dipadukan dengan sarung atau kain yang memiliki corak ingsang. Tak hanya itu saja, penggunanya pun akan memakai songkok berwarna hitam.

2.      King Bibinge

King Bibinge adalah pakaian adat Kalimantan Barat yang ditujukan untuk perempuan. Pembuatannya sendiri jauh lebih sopan dan tertutup karena memadukan beberapa perlengkapan untuk menutupi bagian dada. Aksesoris hiasannya menggunakan bulu burung enggang dan manik-manik.

Sama halnya dengan pakaian adat khusus laki-laki, King Bibinge juga tidak berlengan. Penggunanya akan memakai beberapa aksesoris seperti gelang yang terbuat dari pintalan akar pohon maupun kalung yang terbuat dari tulang hewan.

3.      King Baba

king baba dan king bibinge
king baba & king bibinge (sumber gambar: media-kalimantan.blogspot.com)

Selanjutnya ada King Baba yang mengandung arti pakaian laki-laki. Pakaian tersebut memiliki keunikan yakni terbuat dari serat kayu kapuo atau tanaman ampuro yang dipipihkan. Tanaman tersebut merupakan tumbuhan endemik Kalimantan yang memiliki kandungan serat tinggi.

4.      Buang Kuureng

Baju kurung khas Kalimantan Barat adalah Buang Kuureng yang hampir mirip dengan pakaian khas Malaysia dan Brunei. Hanya saja untuk pakaian adat Kalimantan Barat ini memiliki corak, bahan, dan desain yang berbeda. Hal lain yang menjadi pembeda adalah tersedia dalam dua jenis yakni lengan pendek dan lengan panjang.

See also  Menilik Sejarah Budaya Tari Kipas

5.      King Kabo

Jika sebelumnya telah dibahas pakaian adat Kalimantan Barat King Baba, maka bentuk modifikasinya menghasilkan King Kabo. Hal yang membedakannya adalah penggunaan kain Sungkit khas Brunei Darussalam. Meski demikian adanya penambahan akses Dayak pada ukiran baju menjadikannya tak luput dari budaya daerah Kalimantan Barat.

Penutup

Itu dia penjabaran terkait keunikan pakaian adat Kalimantan Barat yang wajib untuk Anda pahami. Sebagai bentuk warisan budaya daerah, sudah sepantasnya jika kita harus mengenal dan melestarikannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *