Mengenal segitiga dalam matematika dan contoh soal

Mengenal segitiga dalam matematika – Pembelajaran geometri pada matematika dikenal dengan bangun segi tiga. Bangun ini merupakan salah satu bagian dari geometri yang memiliki tiga titik sudut dan tiga sisi. Setiap sisi pada bangun geometri ini memiliki ukuran yang sama atau berbeda. Hal itu juga tergantung dari jenis segi tiga. Perbedaan dari kategori segi tiga itu akan mempengaruhi rumus untuk menghitung bangun geometri. Hal yang paling penting adalah keseluruhan dari jumlah sudut yang terdapat pada segi tiga ini mencapai 180 derajat.

Mengenal segitiga dalam matematika dan contoh soal

Mengenal segitiga dalam matematika
Mengenal segitiga dalam matematika

Secara garis besar terdapat beberapa jenis atau kategori dari bangun geometri segi tiga. Masing-masing dari jenis segi tiga ini memiliki ukuran sisi dan perhitungan sudut yang sangat berbeda. Beberapa kategori dari segi tiga yang sangat populer dalam pembelajaran matematika seperti:

1. Segitiga sama kaki

Ini merupakan salah satu dari segitiga yang memiliki dua sisi dengan ukuran sama. Besaran dari kedua sudut di segitiga ini juga hampir sama. Rumus yang digunakan untuk segitiga sama kaki akan berbeda dengan segitiga lainnya.

2. Segitiga sama sisi

Ini adalah segitiga yang memiliki jumlah dan ukuran sisi yang sama setiap bagian. Seluruh bagian sudut untuk sisi segitiga juga memiliki perhitungan yang sama. Bila dihitung secara garis besar maka setiap sudut dari segitiga sama sisi memiliki 60 derajat.

3. Segitiga sembarang

Kategori segitiga sembarang merupakan bangun geometri yang memiliki ukuran berbeda dari setiap sisi. Hal ini juga mempengaruhi besaran sudut dari setiap sisi yang ada di bagian segitiga sembarang.

Baca juga : Rumus Luas Segitiga dan Contoh Soal yang Keluar di UN

Kategori bangun geometri segitiga juga terbagi atas besaran sudut yang ada di bagian sudut sisi. Berikut ini beberapa kategori segitiga yang dihitung melalui besaran sudut, seperti:

See also  Rumus Luas Segitiga dan Contoh Soal yang Keluar di UN

1. Segitiga siku-siku

Ini adalah salah satu jenis segitiga yang memiliki besaran sudut 90 derajat pada bagain sisinya. Pada bagian segitiga ini terdapat sudut yang ada di bagian sisi adalah sisi miring segitiga atau sering juga disebut dengan hipotenusa.

2. Segitiga lancip

Ini adalah jenis segitiga yang memiliki ukuran besaran sudut pada seluruh bagian kurang dari 90 derajat.

3. Segitiga tumpul

Ini merupakan jenis segitiga yang memiliki besaran sudut pada seluruh bagian sisi lebih dari 90 derajat.

Rumus untuk menghitung luas dan keliling dari bangun geometri segitiga
Sebenarnya rumus yang digunakan untuk menghitung bagian dari bangun segitiga ini memang bisa diterapkan secara umum. Namun, ada beberapa elemen penting yang memang dibutuhkan dalam menghitung besaran ukuran dari segitiga. Berikut ini beberapa rumus yang sering digunakan pada segitiga seperti:

  1. Rumus luas segitiga
    Untuk mencari perhitungan dari luas bangun geometri segitiga akan menggunakan L = ½ x alas x tinggi.
  2. Rumus keliling segitiga
    Untuk mencari perhitungan dari keliling bangun geometri segitiga biasanya menggunakan rumus yaitu K = sisi1 + sisi2 + sisi3.
    Setiap rumus ini biasanya disesuaikan dengan jenis dari segitiga.

Contoh soal:
Sebuah bingkai foto memiliki bentuk segitiga dengan tinggi 20 cm dan bagian alas adalah 10 cm. Cobalah hitung luas dari bingkai foto ini.

Jawaban:
Ukuran tinggi: 20 cm
Ukuran bagian alas: 10 cm
Rumus:
L = ½ x alas x tinggi
L = ½ x 10 x 20
L = 100 cm2
Jadi, ukuran dari luas bingai foto yang memiliki bentuk segitiga ini adalah 100 cm2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *