Rumus kubus dan contoh soal

Rumus kubus dan  contoh soal – Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang ada di dalam metode pembelajaran matematika. Ciri penting dari bangun ruang tentu saja memiliki bagian isi atau sering populer dengan sebutan volume. Masing-masing dari bangun ruang memiliki karakter yang sangat berbeda dibandingkan dengan lainnya. Hal ini juga yang bisa ditemukan pada karakteristik kubus.

Rumus kubus dan contoh soal

Rumus kubus dan contoh soal
Rumus kubus dan contoh soal

Salah satu karakter penting dari kubus yang harus diketahui tentu saja penampilan dengan konsep tiga dimensi. Masing-masing dari sisi bangun ruang terdapat 6 bagian yang merupakan gabungan dari persegi atau bujur sangkar dengan ukuran yang sama. Selain itu, pengertian lain dari kubus juga bisa saja merupakan segi enam yang sangat beraturan dengan ukuran dan bentuk sama. Hal ini juga yang membuat kubus memiliki ragam sifat seperti pada bangun ruang lainnya dalam pembelajaran matematika. Beberapa sifat yang terdapat dalam bangun ruang atau kubus yang perlu dipahami seperti:

  1. Sebagai bangun ruang, kubus memiliki 6 sisi yang sama dengan gabungan dari bentuk persegi atau bujur sangkar.
  2. Bangun ruang kubus juga memiliki 8 titik sudut yang dianggap sebagai bagian dari penggabungan untuk rusuk.
  3. Bangun ruang kubus memiliki 12 rusuk atau sering disebut dengan garis tepi pada bagian sisi yang berukuran sama.
  4. Bangun ruang kubus memiliki 4 titik diagonal dan menjadi penghubung antara satu titik dengan titik lainnya pada bagian sisi.
  5. Jumlah bidang diagonal pada bangun ruang kubus mencapai 12 dengan karakter yang saling terhubung satu dengan lainnya.
  6. Seluruh sisi yang membentuk dari bangun ruang kubus memiliki ukuran sisi luas yang sama.

Seluruh bagian sisi dari bangun ruang kubus memang memiliki ukuran luas yang sama. Hal ini yang membuat masing-masing dari sisi kubus memiliki nomor atau penanda yang berbeda. Biasanya titik sudut dari setiap bagian sisi akan menggunakan warna yang berbeda juga. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam penghitungan bagian sisi setiap bangun ruang kubus.

Baca juga : Rumus Volume Kubus

Rumus yang bisa didapatkan pada bagian bangun ruang kubus
Bangun ruang kubus dianggap sebagai salah satu bagian penting dari pembelajaran metode matematika dasar. Ada beberapa rumus yang biasanya terintegrasi pada bagian kubus ini. Sebagian besar dari rumus yang digunakan untuk mencari Luas, Keliling hingga Volume dari kubus.

  1. Rumus Luas Kubus
    Untuk menghitung rumus luas dari Kubus akan melibatkan jumlah dari seluruh bagian sisi yang ada di dalam bangun ruang ini. Kubus memiliki 6 sisi yang berukuran sama satu dengan lainnya. Rumus yang didapatkan seperti: Sisi x Sisi = S2
  2. Rumus Keliling Kubus
    Bangun ruang kubus juga bisa menggunakan rumus untuk menghitung keliling. Perhitungan dari keliling bangun ruang ini akan melibatkan seluruh bagian rusuk. Rumus yang didapatkan menjadi: 12 x S
  3. Rumus Volume Kubus
    Bangun ruang dalam matematika memiliki volume yang berbeda. Rumus yang digunakan untuk mencari volume pada kubus juga akan berbeda. Untuk mencari volume kubus dibutuhkan perhitungan dari seluruh sisi yang melibatkan panjang, lebar dan tinggi. Rumus yang didapatkan menjadi: Sisi x Sisi x Sisi = S3

Contoh soal yang bisa digunakan untuk rumus:
Sebuah kotak perhiasan berbentuk kubus memiliki ukuran sisi 9 cm. Hitunglah volume dari kotak jam tangan ini agar bisa disesuaikan dengan jenis perhiasan untuk disimpan.

Jawaban:
Sisi kotak perhiasan berbentuk kubus: 9 cm
Rumus volume: S x S x S: S3 = 9x9x9= 729 cm

Jadi, Volume dari kotak perhiasan berbentuk kubus itu adalah 729 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *