Rumus bangun ruang bola dan contoh soal

Rumus bangun ruang bola dan contoh soal. Bola dianggap sebagai salah satu bagian dari bangun ruang dalam matematika yang memiliki karakter unik. Hal ini dikarenakan bola memiliki karakter bentuk 3 dimensi. Bangun ruang bola memang dibentuk oleh jumlah lingkaran yang tidak terhingga jumlahnya.

Selain itu, seluruh bagian lingkaran itu memiliki jari-jari yang berpusat pada satu bagian titik saja. Secara umum, ukuran dari jari-jari yang ada di bangun ruang ini memiliki ukuran yang sama. Namun, bangun ruang ini hanya memiliki satu sisi saja dan berbeda dibandingkan dengan bangun ruang lainnya. Ini terjadi karena bentuk bola yang merupakan 3 dimensi sehingga hanya didukung oleh 1 sisi saja.

Rumus bangun ruang bola dan contoh soal

Meskipun hanya memiliki satu sisi saja namun bola memiliki bagian lengkung yang telah dibatasi oleh sisi lengkung di bagian lainnya. Jari-jari yang ada di bagian bola juga bisa dihitung dengan mengandalkan bagian dari titik pusat. Elemen jari-jari itu yang akan memudahkan dalam sistem perhitungan untuk mendapatkan luas permukaan bangun ruang bola hingga ukuran volume.

Tentu saja bola juga memiliki beberapa karakter atau ciri-ciri yang akan membedakan dengan bangun ruang lainnya. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri dari bangun ruang bola yang dilihat secara umum seperti:

  1. Bangun ruang bola hanya memiliki satu bagian sisi saja dengan konsep gabungan setengah lingkaran.
  2. Bangun ruang bola memiliki bentuk sudut hingga 360 derajat.
  3. Bagian sisi yang terdapat pada bagian bangun ruang bola biasanya disebut dengan dinding.
  4. Jari-jari pada bagian bangun ruang ini adalah perhitungan jarak yang dihitung dari titik pusat ke bagian dinding atau sisi bola.
  5. Bangun ruang tidak memiliki jumlah sudut dan rusuk yang tetap.

Rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume dari bangun ruang bola

Bangun ruang bola memiliki perhitungan rumus yang melibatkan permukaan dan volume. Seluruh bagian dari rumus juga akan berkaitan langsung dengan rincian dari jari-jari. Ukuran jari-jari memang memiliki pengaruh penting terhadap ukuran bangun ruang bola ini. Berikut ini beberapa rincian dari rumus yang sering digunakan untuk bangun ruang bola seperti:

1. Rumus untuk menghitung luas permukaan

Rincian dalam menghitung luas permukaan untuk bangun ruang bola akan melibatkan jari-jari bola dan π. Hitungan dari π adalah 3,14. Rumus yang telah ditetapkan adalah L = 4 x π x r².
Keterangan rumus yaitu:

L : Luas permukaan bola
π : 3,14 atau 22/7
r : jari-jari bola

2. Rumus untuk menghitung volume

Rincian dalam menghitung volume untuk bangun ruang bola juga melibatkan nilai dari jari-jari bola dan π. Namun, rumus yang didapatkan adalah V = 4/3 x π x r³.
Keterangan rumus volume bola yaitu:

V : Volume
π : 3,14 atau 22/7
r : jari-jari bola

Perlu diingat bahwa rumus yang digunakan untuk menghitung bagian dari bangun ruang bola tidak dapat diterapkan untuk keliling. Hal ini dikarenakan jumlah dari lingkaran yang membentuk bagian dari bangun ruang bola ini tidak terhingga. Bangun ruang bola juga memiliki pusat titik yang memiliki pengaruh penting pada jumlah jari-jari.

Contoh soal untuk rumus bangun ruang bola:

Sebuah bola angin memiliki ukuran jari-jari 20 cm. Coba hitung volume bola angin itu.

Jawaban:
Jari-jari bola angin: 20 cm
π : 3,14

Jadi, jawabannya
V = 4/3 x π x r³
V = 4/3 x 3,14 x 4000
V = 9420 cm3

Baca juga: Contoh Soal Volume Bola dan Luas Bola

Demikian ulasan kami mengenai Rumus bangun ruang bola dan contoh soal semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *