Rumus bangun ruang balok dan penerapan pada contoh soal

Rumus bangun ruang balok – Ada banyak bangun ruang yang terdapat dalam pembelajaran matematika. Salah satu bangun ruang yang sering menjadi topik pembahasan adalah balok. Bangun ruang ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan persegi panjang. Bila diperhatikan lebih rinci maka terlihat pada kedua bagian ujung balok terdapat bentuk persegi. Beberapa bagian sisi yang saling berhadapan di bangun ruang ini juga memiliki ukuran yang sama. Hal ini yang membuat bentuk dari balok juga terlihat persegi panjang.

Rumus bangun ruang balok

Karakteristik pada balok yang jarang ditemui oleh bangun ruang lainnya adalah sisi yang saling berhadapan di seluruh bagian. Balok memiliki 2 sisi yang terdapat di bagian atas dan bawah dengan persegi panjang, 2 sisi persegi panjang pada depan dan belakang hingga 2 sisi di bagian ujung kiri dan bagian kanan dengan bentuk persegi. Masing-masing dari sisi yang berhadapan itu memiliki ukuran yang sama. Tentu saja balok memiliki 6 sisi yang saling berkaitan dengan rincian 4 sisi dengan bentuk persegi panjang dan 2 sisi yang saling berhadapan dengan bentuk persegi.

Berikut ini merupakan karakteristik dari bangun ruang balok yang mungkin bisa dipahami secara sederhana, seperti:

  1. Permukaan bagian depan. Bila dipahami pada bagian sisi ini terdapat bentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu. Bagian ini akan berhadapan dengan sisi lainnya.
  2. Permukaan bagian belakang. Ini merupakan bagian sisi yang berhadapan langsung dengan permukaan bagian depan. Bentuk dari sisi ini merupakan persegi panjang.
  3. Permukaan sisi bagian atas. Pada bagian ini juga memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama juga dengan lainnya.
  4. Permukaan sisi bagian bawah. Sisi ini akan berhadapan langsung dengan bagian atas dan memiliki bentuk persegi panjang dan ukuran yang sama.
  5. Permukaan sisi bagian ujung kiri. Pada bagian ini memiliki bentuk persegi yang ada di bagian ujung kiri.
  6. Permukaan sisi bagian ujung kanan. Bagian persegi ini akan berhadapan langsung dengan sisi bagian kiri dan memiliki ukuran yang sama.
See also  Contoh Soal dan Jawaban Vektor Terbaru dan Lengkap

Rumus luas, keliling dan volume dari bangun ruang balok

Sama seperti bangun ruang lainnya dalam metode pembelajaran matematika, balok juga memiliki beberapa rumus. Bangun ruang ini memiliki rumus untuk menghitung ukuran dari luas, keliling hingga volume. Rumus ini membutuhkan beberapa elemen yang terdiri dari seluruh sisi hingga tinggi dari balok yang merupakan bagian dari rusuk penyangga. Rincian dari rumus luas, keliling dan volume dari balok seperti:

  1. Rumus luas dari bangun ruang balok
    Untuk mencari luas dari bangun ruang ini dengan menjumlahkan seluruh sisi dari permukaan. Masing-masing dari sisi ini terdiri dari 2 bagian panjang, 2 bagian lebar dan 2 bagian tinggi. Rumus yang didapatkan adalah L = 2 ( p.l + p.t + l.t ).
  2. Rumus keliling dari bangun ruang balok
    Untuk mencari ukuran keliling dari bangun ruang ini dengan menjumlahkan seluruh bagian rusuk penyangga. Jumlah dari rusuk penyangga bangun ruang ini ada 4 bagian. Rumus yang didapatkan adalah K = 4 (p+l+t).
  3. Rumus volume dari bangun ruang balok
    Untuk mencari volume dari bangun ruang ini dengan menjumlahkan seluruh bagian sisi. Rumus ini menggunakan perhitungan bagian panjang, lebar dan tinggi. Rumus yang didapatkan adalah V = p.l.t

Contoh soal menghitung volume balok
Sebuah kotak sepatu memiliki ukuran panjang 30 cm, lebar 15cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah volume dari kotak sepatu itu.

Jawaban:
Ukuran panjang 30 cm, lebar 15cm dan tinggi 10 cm.
Rumus: panjang x lebar x tinggi = 30x15x10 = 4500 cm
Jadi volume kotak sepatu adalah 4500 cm3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *