Menilik Sejarah Budaya Tari Kipas

Menilik Sejarah Budaya Tari KipasPernahkah Anda mendengar atau melihat pertunjukan tari kipas sebelumnya? Jika belum, maka tak ada salahnya untuk menyimak penjelasan pada artikel berikut ini.

Saat ini banyak pihak yang tidak mengetahui dengan baik hal-hal yang berkenaan dengan tari kipas. Padahal jenis tarian tersebut banyak dijumpai pada buku-buku pelajaran sejarah sebelumnya. Masuk dalam warisan budaya Indonesia, tahukah Anda sejarah apa yang sebenarnya ada di balik makna tari kipas tersebut? Untuk lebih lengkapnya silakan simak penjelasan lengkapnya pada tiap poin berikut ini.

Menilik Sejarah Budaya Tari Kipas

Menilik Sejarah Budaya Tari Kipas
Menilik Sejarah Budaya Tari Kipas

Tentang Tari Kipas

Memiliki ciri khas yang tak dijumpai dalam jenis tarian lain. Tarian ini menggunakan atribut khusus yakni penggunaan kipas. Selain hal tersebut ternyata ada banyak nilai budaya yang terkandung didalamnya. Untuk memudahkan Anda memahami tarian tersebut, yuk simak penjabarannya pada poin-poin berikut ini.

Sejarah Tari Kipas yang Perlu Diketahui

Tari kipas merupakan sebuah tari tradisional asal Gowa – Sulawesi Selatan yang kerap dibawakan oleh sejumlah penari perempuan. Memiliki sekitar 12 gerakan yang beraneka ragam, tarian ini sarat akan makna sejarah dan budaya. Tarian yang masuk dalam peninggalan Kerajaan Gowa – Sulawesi Selatan ini kerap dibawakan oleh sejumlah wanita dengan memakai atribut kipas. Tari tersebut masuk dalam salah satu warisan budaya yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan karena keunikannya.

Sebagai tambahan pengetahuan tarian ini merupakan jenis tarian yang disukai oleh Raja Gowa. Sehingga tak heran jika setiap ada kegiatan upacara adat selalu diiringi dengan tari kipas tersebut. Menggambarkan sebuah perpisahan antara khayangan (boting langi) dan bumi (lino), tarian ini sarat akan berbagai nilai-nilai budaya dan kehidupan seperti bercocok tanam, berburu, dan beternak. Dapat disimpulkan pula bahwa tari ini merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat kepada khayangan (boting langi).

See also  150+ Pretty Summer Matte Nail Designs 2020

Jika Anda pernah menyaksikan pagelaran tari kipas tersebut tentu Anda dapat menyimpulkan bahwa setiap gerakannya banyak mengungkapkan unsur kelembutan, kesetiaan, kepatuhan, dan hormat seorang perempuan Gowa pada laki-laki. Hal ini juga menunjukkan bahwa tiap gerakannya sarat akan makna dalam kehidupan.

Fungsi dan Makna Tari Kipas

Setelah memahami apa sekelumit makna dari tari kipas. Selanjutnya sudahkah Anda paham apa saja fungsi dan makna dari tarian tersebut? Sedikit banyak telah disinggung pada penjelasan sebelumnya, dapat diketahui fungsi dan makna dari tari kipas adalah sebagai hiburan dan bagian dari adat.

Seorang wisatawan tentu akan menganggap tarian tersebut sebagai suatu hiburan semata. Namun hal berbeda bagi masyarakat setempat yang masih berpegang teguh pada adat istiadat. Tarian tersebut masuk sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan khususnya tiap kali mereka mendapatkan sebuah kebahagiaan, karena makna yang tersirat adalah sebuah ungkapan syukur. Disamping itu, tari kipas juga mampu menggambarkan sisi lembut seorang perempuan. Hal ini diungkapkan dari setiap gerakannya yang penuh dengan ekspresi kelembutan, hormat, dan penuh kesopanan.

Hal-Hal yang Perlu Dipahami dalam Pertunjukan Tari Kipas

Dalam pertunjukannya sekitar 5-7 orang penari akan menggunakan atribut kipas dan diiringi oleh musik pengiring. Ada sekitar 12 gerakan yang salah satunya menunjukkan adanya gerakan memutar, memiliki makna bahwa dalam suatu kehidupan adakalanya berada di atas maupun sebaliknya. Namun, secara keseluruhan tidak bisa dijabarkan secara detail karena tiap gerakan memiliki kemiripan.

Hal yang perlu dipahami dalam menarikan tari tersebut adalah mematuhi pakemnya. Salah satunya adalah seorang penari dilarang untuk mengangkat kakinya terlalu tinggi ketika menari dan membuka mata terlalu lebar. Keseluruhan gerakan harus dibawakan dengan penuh kelembutan, kesopanan, dan menunjukkan rasa hormat seorang perempuan.

See also  Tari Tor Tor Fakta Tersembunyi yang Kerap Terlupakan

Penutup

Itu dia hal-hal yang berkenaan dengan tari kipas yang wajib untuk Anda pahami. Jika terdapat hal lain yang ingin dipahami, silakan perbanyak referensi lain yang relevan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *