UKBM BIO Keluarga Berencana

MEMBUAT ULASAN SISTEM KELUARGA BERENCANA Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami wacana di bawah ini. Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup sebagai usaha untuk melestarikan jenisnya. Kita sebagai manusia juga melakukan aktivitas tersebut. Gambar 9.1 memperlihatkan sebuah keluarga dengan satu anak yang merupakan hasil keturunan dari seorang laki-laki (ayah) dan seorang perempuan (ibu). Di dunia ini terdapat dua jenis kelamin manusia, yaitu laki-laki dan perempuan. Pada usia belasan tahun, seseorang dikatakan memasuki dewasa. Pada usia tesebut, manusia mampu menghasilkan gamet atau sel kelamin.

Identitas

  1. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  2. Semester : Genap
  3. Kompetensi Dasar :

3.13 Menganalisis penerapan prinsip reproduksi pada manusia dan pemberian ASI eksklusif dalam program keluarga berencana sebagai upaya menanggulangi pertambahan penduduk serta meningkatkan kualitas hidup Sumber Daya Manusia (SDM)

4.13 Membuat ulasan pentingnya menyiapkan generasi terencana dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia dalam bentuk makalah ilmiah

  1. Materi Pokok : Keluarga Berencana
  2. Alokasi Waktu : 6 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Menganalisis penerapan prinsip reproduksi pada manusia dan pemberian ASI eksklusif dalam program keluarga berencana sebagai upaya menanggulangi pertambahan penduduk serta meningkatkan kualitas hidup Sumber Daya Manusia (SDM) serta Membuat ulasan pentingnya menyiapkan generasi terencana dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia dalam bentuk makalah ilmiah sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami wacana di bawah ini. Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup sebagai usaha untuk melestarikan jenisnya. Kita sebagai manusia juga melakukan aktivitas tersebut. Gambar 9.1 memperlihatkan sebuah keluarga dengan satu anak yang merupakan hasil keturunan dari seorang laki-laki (ayah) dan seorang perempuan (ibu). Di dunia ini terdapat dua jenis kelamin manusia, yaitu laki-laki dan perempuan. Pada usia belasan tahun, seseorang dikatakan memasuki dewasa. Pada usia tesebut, manusia mampu menghasilkan gamet atau sel kelamin.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti

Petunjuk Umum UKB

  1. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  2. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  3. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  4. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

PENGANTAR

  • Kehamilan dapat terjadi jika sel telur matang dibuahi oleh sel sperma. Kemudian, sel telur yang dibuahi tadi diantarkan dan disimpan oleh tubuh kita ke dalam rahim untuk kemudian tumbuh dan berkembang menjadi bayi.
  • Alam telah menyediakan makanan paling lengkap dan berlimpah untuk melindungi pertumbuhan dan kesehatan bayi melalui ibu.
  • Kontrasepsi adalah suatu cara yang bertujuan mencegah terjadinya pembuahan.

Ayo berlatih !!

  1. Jelaskan dan bandingkan perbedaan 3 cara pengaturan kehamilan pada KB?

Jawaban :

………………………………..

  1. Perhatikan tabel berikut !
Alat Cara kerja Kerugian
Implant Menstruasi tidak teratur
Hormon yang menghambat pengeluaran sel telur
Kesulitan dalam pemakain

Isilah kolom yang masih kosong dan jelaskan 3 alat tersebut !

  1. Seorang ibu memberikan susu formula kepada anaknya yang baru lahir, namun setelah beberapa bulan bayi tersebut minum susu formula, bayi tersebut mengalami sakit dan daya tubuhnya tidak kuat. Setelah berkonsultasi dengan dokter ternyata pengaruh dari susu formula yang diberikan sang ibu kepada bayinya dan bukan ASI. Menurut dokter terdapat beberapa manfaat dari ASI. Apa saja manfaat ASI bagi bayi dan jelaskan !

Jawaban :

…………………………….

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi keluarga berencana (KB), mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.