MENGEVALUASI PENGARUH ZAT PSIKOTROPIKA

Zat adiktif dan psikotropika dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan nama narkoba (narkotika dan obat berbahaya) atau NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Sebenarnya NAPZA adalah obat kedokteran yang dilmu pengetahuan merlukan untuk pengobatan. Berbeda dengan obat jenis lainnya, penggunaan NAPZA harus dilakukan dengan hati-hati dan harus di bawah pengawasan dokter.

Banyak obat jenis NAPZA beredar di pasaran, misalnya ganja, sabu-sabu, ekstasi, dan pil koplo. Penyalahgunaan obat jenis NAPZA sangat berbahaya. Salah satu dampak dari psikotropika ini adalah Mengalami gangguan pada kulit (dermatologis), antara lain penanahan (abses), alergi, dan eksim.

  1. Identitas
  2. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  3. Semester : Genap
  4. Kompetensi Dasar :

3.11 Mengevaluasi pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat

4.11 Melakukan kampanye anti narkoba dalam berbagai bentuk media informasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat

Loading...
  1. Materi Pokok : Pengaruh Zat Psikotropika
  2. Alokasi Waktu : 4 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Mengevaluasi pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat serta melakukan kampanye anti narkoba dalam berbagai bentuk media informasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

PSIKOTROPIKA

Stimulan

Painkiller

Halusinogen

Sedatif

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami fenomena di bawah ini.

Zat adiktif dan psikotropika dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan nama narkoba (narkotika dan obat berbahaya) atau NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Sebenarnya NAPZA adalah obat kedokteran yang dilmu pengetahuanerlukan untuk pengobatan. Berbeda dengan obat jenis lainnya, penggunaan NAPZA harus dilakukan dengan hati-hati dan harus di bawah pengawasan dokter. Banyak obat jenis NAPZA beredar di pasaran, misalnya ganja, sabu-sabu, ekstasi, dan pil koplo. Penyalahgunaan obat jenis NAPZA sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penuaan dini.

E:\10yearsmethuse.jpg

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH

Isilah tabel di bawah ini setelah saudara membaca fenomena di atas! Carilah berbagai sumber informasi tentang bahaya dan dampak psikotropika bagi kesehatan

No Masalah Hipotesis Pemecahan Masalah
1
2
3
4
5

Ayo berlatih !!

Salah satu zat psikotropika yang dapat menyebabkan halusinasi yang berlebihan dan menyebabkan kegilaan adalah ekstasi. Ekstasi juga dapat mengakibatkan ketergantungan dan berakhir pada kematian. Kritiklah permasalahan diatas mengenai bahaya dan dampak ekstasi bagi kesehatan!

Salah satu contoh zat psikotropika adalah alkohol. Alkohol menyebabkan penderita tak sadarkan diri dan mabuk serta gangguan pada sistem saraf. mengapa hal itu bisa terjadi?

  1. Selain memiliki dampak bagi kesehatan, psikotropika juga memiliki dampak bagi lingkungan sosial. Salah satunya yaitu gangguan mental dan masa depan menjadi suram. Kritiklah permasalahan tersebut serta berikan solusi agar masyarakat indonesia tidak menyalahgunakan zat psikotropika tersebut!

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 2

Kegiatan Belajar 2

Setelah anda belajar kegiatan 1 lanjutkan kegiatan 2 berikut ini. Bacalah buku refrensi dan pengantar di bawah ini!

Bacalah fenomena di bawah ini untuk merumuskan masalah tentang keterkaitan antara bahaya dan dampak psikotropika!

E:\download (1).jpg

Gambar 1. Abses pada kulit akibat dari psikotropika

Zat adiktif dan psikotropika dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan nama narkoba (narkotika dan obat berbahaya) atau NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Sebenarnya NAPZA adalah obat kedokteran yang dilmu pengetahuan merlukan untuk pengobatan. Berbeda dengan obat jenis lainnya, penggunaan NAPZA harus dilakukan dengan hati-hati dan harus di bawah pengawasan dokter. Banyak obat jenis NAPZA beredar di pasaran, misalnya ganja, sabu-sabu, ekstasi, dan pil koplo. Penyalahgunaan obat jenis NAPZA sangat berbahaya. Salah satu dampak dari psikotropika ini adalah Mengalami gangguan pada kulit (dermatologis), antara lain penanahan (abses), alergi, dan eksim.

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH

Isilah tabel di bawah ini setelah saudara membaca fenomena di atas! Carilah berbagai sumber informasi tentang bahaya dan dampak psikotropika bagi kesehatan

No Masalah Hipotesis Pemecahan Masalah
1
2
3
4
5

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

Salah satu zat psikotropika yang dapat menyebabkan halusinasi yang berlebihan dan menyebabkan kegilaan adalah ekstasi. Ekstasi juga dapat mengakibatkan ketergantungan dan berakhir pada kematian. Kritiklah permasalahan diatas mengenai bahaya dan dampak ekstasi bagi kesehatan

Salah satu contoh zat psikotropika adalah alkohol. Alkohol menyebabkan penderita tak sadarkan diri dan mabuk serta gangguan pada sistem saraf. mengapa hal itu bisa terjadi?

Selain memiliki dampak bagi kesehatan, psikotropika juga memiliki dampak bagi lingkungan sosial. Salah satunya yaitu gangguan mental dan masa depan menjadi suram. Kritiklah permasalahan tersebut serta berikan solusi agar masyarakat indonesia tidak menyalahgunakan zat psikotropika tersebut

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 3

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi pengaruh zat psikotropika, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.