Modal Verb, Pengertian, Fungsi dan Contoh Lengkap

Setidaknya ada 10 jenis modal verb yang harus kalian ketahui dimana tentu saja kalian juga harus bisa memahami dari sisi pengertian dasar, kemudian fungsi modal verb itu apa saja sampai dengan bagaimana contoh penggunaanya dengan baik dan benar dimana akan kami ulas tuntas dalam bahasan hari ini.

Pengertian Modal Verb

Mari kita bahas pengertian modal verb. Modal merupakan kata kerja bantu dimana fungsi penggunaannya sebagai kata kerja utama. Selain itu, modal verbs memiliki fungsi untuk menyatakan izin (Permission), Kemungkinan (Possibility), dan keperluan (Necessity) dalam sebuah kalimat. Secara umum modal verb bisa juga diartikan sebagai verb atau kata kerja khusus yang memiliki perilaku  yang berbeda dari verb atau kata kerja biasa.

Fungsi Modal Verb Untuk Mengekspresikan Willingness atau ability Kemauan atau Kemampuan
Necessity Kebutuhan
Possibility Kemungkinan

Kata apa saja yang termasuk dalam modal verbs. Secara umum terdapat sepuluh kata dalam bahasa Inggris  yang termasuk dalam modal verbs.

Modal Verbs Arti Bahasa Indonesia
Can Dapat / Bisa
Could Bisa
May Mungkin
Might Mungkin
Will Akan
Would Akan
Must Harus
Shall Harus
Should Harus
Ought To Harus

Fungsi Modal Verbs

Setiap modal verb sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja fungsi dari modal verb tersebut. Sebelum kita bahas fungsi dari masing – masing modal verb, kita akan menjelaskan mengenai pembagian modals verb itu sendiri. Modal verb dapat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu:

  • Past Modal
  • Present Modal
  • Perfect Modal

Present Modal, Past, dan perfect modal. Modal present dan modal past hanya bisa diikuti oleh bentuk invinitive tanpa to atau bare infinitive. Lalu, kalimat modal prefect diikuti oleh kata kerja bentuk ketiga (V3).

Pembagian Modal Diikuti
Present Modal Bentuk Infinitive tanpa to / bare invinitive Bentuk Infinitive tanpa to / bare invinitive
Past Modal Bentuk Infinitive tanpa to / bare invinitive You should take the video now, or you’ll miss your daughters performance.
Perfect Modal Kata Kerja / Verb 3 (V3) We should have taken your son to the hospital earlier.

Jenis-Jenis Modal Verbs 

Mari kita lihat penjelasan mengenai fungsi masing – masing modal verb berikut :

1. Can

Can merupakan modal yang termasuk dalam modal present. Can memiliki dua fungsi, yaitu : menyatakan kemampuan / ketidakmampuan (ability/ possibility) dan meminta izin (permission). Untuk fungsi yang berguna  menyatakan kemampuan / ketidakmampuan modal ini bisa digantikan dengan to be able atau to be capable of.

Terdapat pilihan kata lainnya selain menggunakan Can untuk membuat kalimat yang menyatakan kemampuan atau keditkmampuan, yaitu gunakan be able atau to be capable of.

Berikut merupakan fungsi dan contoh kalimat dari modal Can:

Fungsi Can Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan kemampuan / ketidakmampuan ( ability/possibility ) You can buy anything with your money in this world but you can not buy trust from your beloved ones. Kamu bisa membeli apa saja di dunia ini dengan uang kamu tetapi kamu tidak bisa membeli kepercayaan dari orang yang kamu sayangi.
Berfungsi untuk Meminta izin ( permission ) Can I borrow your note for one night? I lost my note books and I have an exam tomorrow. Bisakah aku meminjam catatanmu untuk satu malam? Buku catatanku hilang dan aku ada ujian besok.

2. Could

Sebenarnya fungsi can dan could hampir sama yaitu untuk menyatakan kemampuan atau ketidakmampuan serta untuk meminta izin, yang membedakan dua modal ini adalah apabila can termasuk present modal dan could termasuk kedalam past modal.

Fungsi Could Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan kemampuan / ketidakmampuan ( ability/possibility ) Dimasa Lalu Junjin could drive faster than Minho five years ago. But now he drives sliwer since the accident Junjin dapat menyetir lebih cepat dari pada Minho lima tahun yang lalu. Tapi dia menyetir lebih pelan sejak kecekakaan.
Berfungsi untuk Meminta izin ( permission ) untuk melakukan sesuatu dimasa lalu ( past ) atau masa depan
( future )
Could I use your car to pick up my mom? Mine is running out of gas. Bisakah saya meminjam mobil kamu untuk menjemput ibu saya ? Mobil saya habis bensin.

3. May

May merupakan modal yang termasuk dalam modal present. May memiliki fungsi untuk meminta izin secara formal ( polite permission ) dan untuk menyatakan kemungkinan ( possibility ) dimasa sekarang ( present ) dan masa depan ( future ).

Fungsi May Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan kemungkinan ( possibility ) dimasa sekarang ( present ) dan masa depan ( future ) Hilka may go tonight, but she ha to be in her dorm before late Hilka mungkin pergi malam ini, tapi dia harus kembali ke asrama sebelum larut malam.
Berfungsi untuk meminta izin secara formal ( polite permission ) May I drive my car now? Or is there something else that I need to take care, officer? Bolehkah saya mengendarai mobil saya sekarang ? Atau ada lagi yang harus saya urus, Pak Polisi.

4. Might

Might merupakan bentuk past dari may, dibandingkan dengan may, might lebih tidak pasti kejadiannya. Might memiliki kegunaan sebagai :

  1. Berfungsi untuk menyatakan kemungkinan ( possibility ) dimasa sekarang (present) dan masa depan ( future )
  2. Apabila Might ditambahkan dengan have, maka might akan bisa menyatakan kemungkinan di masa lampau, might digunakan untuk menyatakan suatu hipotesis yang terbukti tidak terjadi, berbeda dengan may yang menyatakan sesuatu yang belum terbukti.
  3. Berfungsi untuk meminta izin secara formal ( polite permission )
Fungsi Might Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan kemungkinan ( possibility ) dimasa sekarang (present) dan masa depan ( future ) Tita might be sad because she didn’t see Sung Shi Kyung concert last night in Jakarta. Tita mungkin akan sedih karena dia tidak menonton konser Sung Shi Kyung tadi malam di Jakarta.
Berfungsi menyatakan suatu hipotesis yang terbukti tidak terjadi di masa lampau The doctor might have warned Dimas not to eat rare cooked egg because of the bacteria. Dokter mungkin sudah melarang Dimas untuk tidak makan telur setengah matang karena bakterinya.
Berfungsi untuk meminta izin secara formal ( polite permission ) If I get in the top rank in my class, might I go to Bali with my friends? Jika saya mendapat peringkat terbaik di kelas saya, bolehkah pergi ke Bali dengan teman saya?

Will merupakan modal verb yang termasuk dalam modal present. Will memiliki fungsi sebagai menyatakan kemauan atau niatan ( Willingness ), Willingness ini dapat diungkapkan dengan conditional sentence type 1 ataupun dengan ajakan atau undangan ( invitation ). Will juga berfungsi untuk untuk membuat keputusan secara spontan ( future ) atau tanpa rencana dan untuk memprediksi ataupun digunakan untuk memperhalus permintaan ( polite request ).

Fungsi Will Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan kemauan atau niatan ( Willingness ) will help you study if you come to school first. Saya akan membantu kamu belajar apabila kamu datang ke sekolah terlebih dahulu
Berfungsi untuk untuk membuat keputusan / rencana secara spontan I think I will cut my hair to change my appearance Saya pikir saya akan memotong rambut saya untuk merubah penampilan
Berfungsi untuk membuat prediksi The tornado will come to Florida tonight Tornado akan datang ke Florida malam ini

6. Would

Padaa dasarnya would memiliki fungsi yang hampir sama dengan will, namun would termasuk modal verb past. Fungsi Would antara lain adalah :

  1. Berfungsi untuk menyatakan kemauan atau niatan ( Willingness ) dengan cara yang lebih sopan
  2. Berfungsi untuk menyusun past future tense dan untuk menyatakan sense of probability (kemungkinan)
  3. Berfungsi untuk menyatakan tindakan yang ingin dilakukan dimasa lampau. Hal ini bisa dilakukan apabila would ditambahkan dengan have sehingga membentuk conditional sentence type 3.
Fungsi Would Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan kemauan atau niatan ( Willingness ) dengan cara yang lebih sopan Would you like come to my house? My parents invite you to come for dinner. Maukah kamu datang ke rumahku? Orangtuaku mengajakmu makan malam.
Berfungsi untuk menyatakan kemungkinan Kim Heechul would be dating an Indonesian women this day. Kim Heechul mungkin akan berkencan dengan perempuan Indonesia saat ini
Would + Have, berfungsi untuk menyatakan tindakan yang ingin dilakukan dimasa lampau If Rizka had remembered to invite me, I would have attended to Rizka’s wedding Jika Rizka ingat untuk mengundang saya, saya akan datang ke acara pernikahan Rizka

7. Shall

Shall  termasuk dalam modal verb present. Dimana shall memiliki fungsi menyatakan kewajiban pada situasi formal yang dapat berupa legal document, acara formal, maupun pada saat meeting. Pada kalimat ini, baik orang kedua maupun orang ketiga dapat digunakan dengan modal verb ini. Fungsi lain dari verb adalah untuk menyatakan masa depan, namun Shall hanya dapat digunakan untuk subject I dan We.

Fungsi Shall Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan masa depan, namun Shall hanya dapat digunakan untuk subject I dan We I will live in Seoul, Mapo gu someday Saya akan tinggal di Seoul, Mapo Gu suatu hari nanti
Berfungsi untuk menyatakan kewajiban pada situasi formal yang dapat berupa legal document maupun pada saat meeting The teacher shall report the students performance to their parents. Guru harus melaporkan performa siswanya kepada orangtua mereka.

8. Should

Should merupakan modal verb past yang berfungsi untuk memberi saran (suggestion) dan nasehat ( advice ). Should juga dapat berfungsi untuk menyatakan kepastian atau kemungkinan.

Fungsi Should Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk memberi saran ( suggestion ) dan nasehat ( advice ) Shinta should change her mind about this case. Shinta harus merubah pemikirannya tentang kasus ini
We should talk to each other more often. Kita harus berbicara satu sama lain lebih sering.

9. Must

Must memiliki kesetaraan dengan have to atau hast to dan termasuk dalam modal verb present. Must sendiri apabila digabungkan dengan not akan memiliki fungsi untuk menyatakan larangan. Must juga berfungsi untuk menyatakan keharusan, dalam menyatakan keharusan ini must bisa digantikan dengan have to atau has to.

Fungsi Must Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk menyatakan keharusan We must finish our homework now Kita harus menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) kita sekarang.
Must + not, Berfungsi untuk menyatakan larangan Henry must not give up on his girlfriend now. Henry tidak boleh menyerah dengan pacarnya sekarang.

10. Ought To

Ought to merupakan modal yang termasuk dalam modal present. Ought to memiliki fungsi untuk mengungkapkan saran mana yang benar atau tepat.

Fungsi Ought To Contoh Kalimat Modal Verb Arti Bahasa Indonesia
Berfungsi untuk mengungkapkan saran It is raining so hard, you ought to not go outside. Hujan sangat deras, kamu seharusnya tidak pergi keluar.
ought to wear high heels for this long dress Saya harus memakai high heels untuk gaun panjang ini

Bagaiman dengan pembahasan kita mengenai fungsi modal verb dan contohnya ? mungkin kalian bertanya  – tanya mengapa contoh modal verb yang dibahsa hanya modal present dan modal past padahal ada tiga modal verb sebelumnya. Modal perfect ini dapat berbentuk seperti dibawah ini :

  1. Should Have
  2. Ought to have
  3. Must have
  4. Could have
  5. Might have

Jadi untuk modal perfect yang perlu dilakukan adalah menambahkan have dibelakang modal verb.

Modal Verb + Have akan menjadi Modal Perfect

Sekian penjelasan mengenai modal verb yang bisa kami sampaikan saat ini, masih banyak sebenarnya materi mengenai modal verb yang bisa kalian pelajar, mungkin akan kami sampaikan pada materi lainnya. Nah sahabat AZBI semoga pengertian, fungsi dan contoh modal verb yang kami sampaikan dapat membuka pengetahuan kalian mengenai modal verb dalam grammar Bahasa Inggris dan tentunya membuat kalian paham mengenai apa itu modal verb.